Pengembangan media latihan soal ujian nasional berbasis web untuk SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) / Yosafat Andy Dwi Apri Diawanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media latihan soal ujian nasional berbasis web untuk SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) / Yosafat Andy Dwi Apri Diawanto

Diawanto, Yosafat Andy Dwi Apri (2014) Pengembangan media latihan soal ujian nasional berbasis web untuk SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) / Yosafat Andy Dwi Apri Diawanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diawanto Yosafat Andy Dwi Apri. 2014. Pengembangan Latihan Soal Ujian Nasional berbasis Web untuk SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Skripsi Jurusan teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan media latihan soal web Ujian Nasional. Ujian Nasional merupakan standart kelulusan yang harus dicapai bagi siswa pada akhir jenjang pendidikan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam proses pembelajaran secara nasional. Dalam menghadapi Ujian Nasional tentunya siswa harus melakukan persiapan-persiapan salah satunya dengan cara melakukan latihan-latihan soal agar siswa terbiasa mengerjakan soal-soal dan memperkirakan waktu yang diperlukan dalam mengerjakan soal-soal tersebut. Tidak sedikit siswa yang merasa takut menghadapi ujian nasional. Kekhawatiran-kekhawatiran tersebut muncul karena kurangnya persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media latihan soal ujian nasional berbasis web yang sesuai dan layak digunakan oleh siswa. Selain itu tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis web yang dapat mengatasi permasalahan dalam pembelajaran salah satunya untuk mengatasi kekhawatiran siswa jurusan RPL di SMK PGRI 3 Malang dalam menghadapi Ujian Nasional. Media pembelajaran berbasis web ini dikembangkan dengan metode pengembangan media Sadiman oleh Arif Sadiman dan model pengembangan perangkat lunak incremental.Adapun tahap-tahap dalam model penelitian dan pengembangan menurut Arif Sadiman adalah sebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) tes/uji coba (7) revisi (8) siap produksi. Pada tahap penulisan naskah media menggunakan model pegembangan perangkat lunak incremental. Adapun tahap-tahap dalam model pengembangan perangkat lunak incremental adalah sebagai berikut (1) analys (2) design (3) code (4) test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan penyebaran angket. Pada penelitian pengembangan ini telah dihasilkan sebuah media pembelajaran latihan soal soal ujian nasional untuk siswa SMK Jurusan RPL. Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) pada ahli media diperoleh persentase sebesar 81 7% (2) pada ahli materi diperoleh persentase sebesar 92 5% (3) pada uji coba kelompok kecil yaitu 10 siswa SMK PGRI 3 Malang Jurusan RPL sebesar 76 8% (4) pada uji coba lapangan diperoleh persentase sebesar 86 8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran latihan soal ujina nasional untuk siswa SMK Jurusan RPL ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45981

Actions (login required)

View Item View Item