Pengembangan media pembelajaran pada kompetensi dasar organ peredaran darah manusia & mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran manusia bagi siswa kelas V / Riza Akhmad Fitriansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pada kompetensi dasar organ peredaran darah manusia & mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran manusia bagi siswa kelas V / Riza Akhmad Fitriansyah

Fitriansyah, Riza Akhmad (2014) Pengembangan media pembelajaran pada kompetensi dasar organ peredaran darah manusia & mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran manusia bagi siswa kelas V / Riza Akhmad Fitriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akhmad Fitriansyah Riza. 2013. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGIDENTIFIKASI GANGGUAN PADA PEREDARAN DARAH MANUSIA BAGI SISWA KELAS V. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)I Made Wirawan S.T. S.S.T.M.T. (2) Drs. Sujono M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Flash Bermain Sambil Belajar model. Mata pelajaran IPA merupakan salah satu materi yang wajib dikuasai oleh siswa-siswi di sekolah dasar. Organ peredaran darah adalah salah satu standar kompetensi mata pelajaran IPA. Dari hasil observasi yang telah di lakukan di SDN Blimbing 3 Malang mendapatkan masalah nyata pada proses pembelajaran yang ketika melihat data hasil belajar atau nilai yang telah diperoleh oleh guru kelas V dari 29 murid ada lebih dari 15 siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yaitu sebesar 75 kemudian waktu atau jam mata pelajaran IPA khusus nya materi Mengetahui organ peredaran darah gangguan pada organ peredaran darah manusia ini dilaksanakan pada jam terakhir ketika siswa berharap untuk pulang dan bermain. Solusi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan media berupa program flash sebagai alat bantu kompetensi dasar organ peredaran darah manusia dalam menyampaikan informasi agar dapat menyerap secara cepat dan efisien. Media pembelajaran interaktif Pengembangan Media Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Organ Peredaran Darah Manusia Mengidentifikasi Gangguan Pada Organ Peredaran Darah Manusia dikembangkan dengan metode pengembangan media Research and Development oleh Sugiyono. Teknik pengujian yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono. Desain uji co ba disesuaikan pelaksanaannya sesuai dengan Metode Penelitian dan Pengemba ngan menurut Sugiyono. Produk Pengembangan Media Pembelajaran ini terdiri dari enam kategori pilihan yaitu menu SK KD menu materi menu kuis menu game menu petunjuk serta menu author. Secara keseluruhan dari hasil validasi ahli media validasi ahli materi uji coba perseorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan didapatkan data akhir sebesar 87% untuk hasil validasi dari ahli media 90 5% untuk hasil validasi dari ahli materi 78 20% untuk hasil uji coba kelompok kecil dan 78 29% untuk hasil uji coba kelompok besar. Hasil rata-rata yang diperoleh dari keempat validator ini adalah sebesar 84 89% maka secara keseluruhan media pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid layak dan tidak perlu dilakukan revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45977

Actions (login required)

View Item View Item