Pengembangan aplikasi facebook untuk diagnosa dini penyakit jantung menggunakan Naive Bayesian / M. Mufrichin Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi facebook untuk diagnosa dini penyakit jantung menggunakan Naive Bayesian / M. Mufrichin Putra

Putra, M. Mufrichin (2014) Pengembangan aplikasi facebook untuk diagnosa dini penyakit jantung menggunakan Naive Bayesian / M. Mufrichin Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra Muhammad Mufrichin. 2014. Pengembangan Aplikasi Facebook Untuk Diagnosa Dini Penyakit Jantung Menggunakan Na ve Bayesian. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) M. Zainal Arifin S.Si M.Kom. (II) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci Facebook Na ve Bayesian Penyakit Jantung Penderita penyakit jantung di dunia semakin meningkat. Di Indonesia 37% dari total kematian yang terjadi disebabkan oleh penyakit jantung. Untuk mengurangi peningkatan ini diagnosa sedini mungkin diperlukan yaitu dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Jumlah dokter yang belum mencukupi di Indonesia merupakan kendala yang harus dihadapi. Perlu adanya inovasi baru mengenai aplikasi yang digunakan untuk melakukan diagnosa dini yaitu menggunakan Na ve Bayesian untuk mengetahui probabilitas kecenderungan resiko penyakit jantung dan dengan memanfaatkan Facebook. Dengan jumlah pengguna terbesar dan kemudahan akses Facebook saat ini pengembangan aplikasi Facebook akan memudahkan pengguna maupun pengembang dalam mengembangkan dan mengakses aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan aplikasi yang dijalankan di jejaring sosial Facebook untuk diagnosa dini penyakit jantung dengan memanfaatkan Na ve Bayesian. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Waterfall yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) tahap analisis kebutuhan (2) tahap desain sistem (3) tahap implementasi (4) tahap pengujian dan (5) tahap pemeliharaan sistem. Subyek uji coba pada penelitian ini adalah Ahli Perangkat Lunak Dokter dan pengguna. Teknik pengujian yang digunakan adalah teknik pengujian black-box yang berfokus pada fungsional aplikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang bersifat tertutup. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan rumus presentase. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah aplikasi Facebook untuk diagnosa dini penyakit jantung memanfaatkan Na ve Bayesian dengan keakuratan diagnosa sebesar 80%. Berdasarkan uji validitas yang dilakukan untuk hasil validasi oleh ahli perangkat lunak diperoleh hasil rata-rata 91 30% untuk hasil validasi oleh dokter diperoleh hasil rata-rata 100% dan untuk uji coba oleh pengguna sebanyak 10 responden diperoleh hasil rata-rata sebesar 95 38%. Secara keseluruhan hasil akhir validasi diperoleh persentase sebesar 95 71% sehingga aplikasi ini dinyatakan valid dan tidak perlu revisi. Dari data pada tahap analisis dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45974

Actions (login required)

View Item View Item