Pengembangan media pembelajaran videografi dengan teknologi augmenteds reality untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan / Salman Al Farizi Supriyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran videografi dengan teknologi augmenteds reality untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan / Salman Al Farizi Supriyadi

Supriyadi, Salman Al Farizi (2014) Pengembangan media pembelajaran videografi dengan teknologi augmenteds reality untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan / Salman Al Farizi Supriyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supriyadi Salman Al Farizi. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Videografi Dengan Teknologi Augmented Reality Untuk Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) M. Jauharul Fuady S.T. M.T. 12288 12288 12288 12288 Inovasi media pembelajaran merupakan kunci untuk menjawab permasalahan pembelajaran di kelas. Dimana media pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan teknologi terkini. Terdapat beberapa masalah dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada Jurusan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. Masalah yang dialami adalah ketersediaan kamera video yang terbatas pada Mata Pelajaran Videografi. Idealnya untuk pembelajaran di kelas yang terdiri dari 35-40 siswa dibutuhkan 7 unit kamera video. Namun berdasarkan data didapatkan bahwa rata-rata SMK Jurusan Multimedia mempunyai 2-3 unit kamera video. Dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang mampu memberikan pemahaman kepada siswa dalam menguasai Mata Pelajaran Videografi meskipun dalam keterbatasan jumlah kamera video. Salah satu teknologi yang paling sesuai untuk pengembangan media pembelajaran videografi adalah teknologi augmented reality yang dikembangkan pada platform Android. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan media ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu potensi masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain ujicoba produk revisi produk dan produksi masal. 12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran yang dihasilkan berupa buku marker videografi dan aplikasi Android. Hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan diperoleh persentase validitas media pembelajaran yaitu validitas sebesar 97 65% oleh ahli media validitas sebesar 93 42% oleh ahli materi dan validitas sebesar 85 85% oleh siswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran videografi dengan teknologi augmented reality untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45972

Actions (login required)

View Item View Item