Pengembangan modul pembelajaran perakitan komputer berbasis mind map untuk siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang / Moh. Zainul Haq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran perakitan komputer berbasis mind map untuk siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang / Moh. Zainul Haq

Haq, Moh. Zainul (2014) Pengembangan modul pembelajaran perakitan komputer berbasis mind map untuk siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang / Moh. Zainul Haq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Haq Moh. Zainul. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Mind Map untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Malang Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Mind Map. 12288 12288 12288 12288 Perakitan komputer merupakan salah satu mata pelajaran pada kelompok C (Peminatan) spesifik yaitu C2 (Dasar Program Keahlian). Mata pelajaran ini diterapkan diterapkan pada kelas X pada 3 jurusan yang berbeda untuk mengetahui minat siswa. Pada mata pelajaran perakitan komputer terdapat 20 kompetensi dasar yang meliputi pemahaman dan keterampilan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul cetak yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 6 Malang untuk modul perakitan komputer sendiri dapat diterapkan pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini merupakan jenis penelitian Research Development (R D). Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan Sugiyono. Prosedur pengembangannya yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Ujicoba Produk (7) Revisi produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produksi Masal. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah modul pembelajaran pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X . Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka didapatkan hasil persentase dari ahli media 87.50% ahli materi 91.88% uji coba kelompok kecil 78.38% uji coba kelompok besar 80.56% dengan interpretasi kelayakan sangat valid dari batas minimal persentase validitas 75.01%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa modul perakitan komputer berbasis mind map layak digunakan sebagai media belajar siswa secara mandiri ataupun suplemen pembelajaran di SMK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45968

Actions (login required)

View Item View Item