Perbedaan model pembelajaran STAD dengan model kombinasi STAd-NHT terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pemrograman web di SMK 12 Malang / Hikmatuz Zakiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran STAD dengan model kombinasi STAd-NHT terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pemrograman web di SMK 12 Malang / Hikmatuz Zakiyah

Zakiyah, Hikmatuz (2014) Perbedaan model pembelajaran STAD dengan model kombinasi STAd-NHT terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pemrograman web di SMK 12 Malang / Hikmatuz Zakiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zakiyah Hikmatuz. 2014. Perbedaan Model Pembelajaran STAD dengan Model Kombinasi STAD-NHT Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMKN 12 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah M.T. (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci Model STAD kombinasi STAD-NHT hasil belajar motivasi belajar. Pelaksanaan proses pembelajaran masih mengalami masalah yaitu sebagian siswa kurang memperhatikan penjelasan guru siswa cenderung bersikap pasif selama proses pembelajaran jarang ada yang bertanya ataupun berpendapat tentang materi yang diajarkan. Ketika diberikan tugas atau tes kebanyakan siswa mengalami kesulitan untuk mengerjakannya sehingga hasil belajar yang didapat kurang maksimal. Hasil belajar yang kurang maksimal tersebut dipengaruhi juga oleh motivasi belajar yang kurang. Hal tersebut disebabkan model pembelajaran yang diterapkan kurang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti mencoba menerapkan model STAD dan kombinasi STAD-NHT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model STAD dan kombinasi STAD-NHT terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pemrograman web. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan bentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMKN 12 Malang dengan sampel kelas X program keahlian TKJ dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran STAD dan kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kombinasi STAD-NHT. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata uji hipotesis dan uji anova. Hasil dari penelitian sebelum diuji coba peneliti telah memastikan bahwa kedua kelas memiliki rata rata kemampuan yang sama data yang diuji terbukti normal dan homogen. Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu dengan menerapkan model STAD dan kombinasi STAD-NHT didapatkan perbedaan pada hasil belajar siswa. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada ranah kognitif (sig. 0 000 0 05) ranah afektif (sig. 0 006 0 05) dan ranah psikomotorik (sig. 0 010 0 05). Hasil uji-t motivasi belajar menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan (sig. 0 140 0 05) dan uji anova menunjukkan kedua model pembelajaran mempunyai efektifitas yang sama untuk siswa dengan motivasi tinggi dan siswa dengan motivasi rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45957

Actions (login required)

View Item View Item