Pengaruh model drilland practice berbasis e-learning pada mata pelajaran pemrograman web terhadap hasil belajar siswa kelas X RPL SMKN 4 Malang / Achnad Muzayyin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model drilland practice berbasis e-learning pada mata pelajaran pemrograman web terhadap hasil belajar siswa kelas X RPL SMKN 4 Malang / Achnad Muzayyin

Muzayyin, Achmad (2014) Pengaruh model drilland practice berbasis e-learning pada mata pelajaran pemrograman web terhadap hasil belajar siswa kelas X RPL SMKN 4 Malang / Achnad Muzayyin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muzayyin Achmad. 2014. Pengaruh Model Drill and Practice Berbasis e-Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman WEB Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL SMKN 4 Malang.Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H Syaad Patmanthara M.Pd. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Hasil belajar Drill and Practice e-Learning Pemrograman WEB. 12288 12288 12288 12288 12288 Kegiatan belajar mengajar seharusnya mampu mengoptimalkan semua potensi siswa untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. e-Learning merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses pembelajaran dimana proses belajara tidak lagi mendengarkan uraian materi dari guru tetapi siswa juga melakukan aktivitas lain seperti mengamati melakukan mendemonstrasikan dan lain-lain. Materi bahan ajar dapat divisualisasikan dalam berbagai format dan bentuk yang lebih dinamis dan interaktif sehingga learning atau murid akan termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran tersebut. Hal ini dilandasi oleh persepsi bahwa pembelajaran akan berlangsung dengan baik efektif dan menyenangkan jika didukung oleh media pembelajaran yang dapat menarik minat dan perhatian siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Model pembelajaran Drill and Practice merupakan salah satu model pembelajaran yang lebih menekankan pada pemberian soal-soal latihan guna untuk meningkatkan keterampilan dan kecepatan berfikir pada materi pelajaran. Sebelum mengerjakan program Drill and Practice siswa dianggap telah mempelajari dan memahami materi pelajaran. Bentuk soal latihan itu dapat berupa pilihan ganda mengisi atau benar salah. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperiemen dan kontrol serta untuk mengetahui pengaruh penerapan model drill and practice berbasis e-Learning pada mata pelajaran pemrograman web terhadap hasil belajar siswa kelompok eksperiemen. 12288 12288 12288 12288 12288 Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental design) dengan bentuk desain Pre test Post test Design. Pengambilan sampel mengambil seluruh sampel dalam kelompok secara utuh (intact group). Rancangan penelitian ini melibatkan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa sedangkan variable bebasnya yaitu pembelajaran dengan model drill and practiceberbasis e-Learning. Uji Hipotesis menggunakan Uji-t dan Regresi Linier Sederhana. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil uji t menghaslkan nilai Sig (p) 0 000 0 05 sehingga H01 ditolak. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai Sig (p) 0 000 0 05 sehingga H02 ditolak. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model drill and practice berbasis e-Learning pada mata pelajaran pemrograman web terhadap hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang mengaruhnya dapat diprediksi melalui persamaan regresi Y 34 963 0 580X.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45955

Actions (login required)

View Item View Item