Pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (BPL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web di SMK Islam 1 Blitar / Oni Budi Setiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (BPL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web di SMK Islam 1 Blitar / Oni Budi Setiyono

Setiyono, Oni Budi (2014) Pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (BPL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web di SMK Islam 1 Blitar / Oni Budi Setiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiyono Oni Budi. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemrograman Web SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Suwasono M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M. Kom. Kata Kunci project based learning hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dengan wawancara diketahui bahwa SMK Islam 1 Blitar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI) yang memiliki kelemahan yaitu guru menggunakan peranan pusat dalam model ini sehingga kesuksesan pembelajaran bergantung pada guru. Jika guru tidak tampak siap berpengetahuan percaya diri antusias dan terstruktur hal ini akan menyebabkan siswa menjadi bosan teralihkan perhatiannya dan pembelajaran akan terhambat. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Melalui model pembelajaran berbasis proyek siswa dapat mengembangkan berbagai keterampilan dan pembiasaan untuk mandiri mengembangkan pola pikir kritis dapat memperoleh pengalaman secara langsung dan nyata. Ketika siswa bekerja dengan tim mereka menemukan keterampilan merencanakan mengorganisasi dan membuat rancangan serta pembagian tugas yang akan dikerjakan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperiment tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas X TKJ-1 sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model project based learning dan kelas X TKJ-2 sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model direct instruction. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalur (two ways ANOVA) karena terdapat dua faktor (variabel bebas) yaitu faktor variansi model pembelajaran dan faktor variansi tingkat kemampuan awal siswa (pre-test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) pada hasil uji anova dua jalur H01 yaitu nilai signifikansi kognitif afektif psikomotorik 0 05 pada kompetensi dasar 1 dan 2 (2) H02 yaitu nilai signifikansi kognitif psikomotorik 0 05 dan afektif 0 05 pada kompetensi dasar 1 sedangkan kompetensi dasar 2 nilai signifikansi kognitif afektif psikomotorik 0 05 dan (3) H03 yaitu variabel interaksi antara kelas dan kemampuan awal kemampuan awal memiliki signifikansi kognitif afektif psikomotorik 0 05 pada kompetensi dasar 1 dan 2. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah (2) terdapat pengaruh tingkat kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada kompetensi dasar 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Direct Instruction tetapi tidak terdapat perbedaan pada ranah afektif sedangkan pada kompetensi dasar 2 terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif afektif dan psikomotor siswa dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45953

Actions (login required)

View Item View Item