Pengembangan buku ajar matakuliah Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Jurusan Teknbik Elektro Program Studi S1 PTI / Wasono Widiatmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar matakuliah Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Jurusan Teknbik Elektro Program Studi S1 PTI / Wasono Widiatmoko

Widiatmoko, Wasono (2014) Pengembangan buku ajar matakuliah Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Jurusan Teknbik Elektro Program Studi S1 PTI / Wasono Widiatmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widiatmoko Wasono. 2014. Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Jurusan Teknik Elektro Program Studi S1 PTI. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) M. Jauharul Fuady S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Berbantuan Komputer 12288 12288 12288 12288 Mahasiswa jurusan Teknik Elektro program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang yang secara intensif mempelajari teknologi merupakan subjek yang wajib menguasai hal-hal yang berkaiatan dengan pemanfaatan komputer dibidang pendidikan. Salah satu cara untuk mencapai penguasaan terhadap aspek tersebut adalah melalui matakuliah PBK. Berdasarkan wawancara dengan dosen pengampu matakuliah PBK terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran matakuliah tersebut yaitu belum adanya buku yang dapat digunakan mahasiswa sebagai sumber belajar materi PBK bahan belajar yang ada kurang implementatif bahan ajar PBK yang membahas tentang pembuatan software pembelajaran masih kurang dan bukunya masih terpisah-pisah sehingga dibutuhkan suatu bahan ajar yang terstruktur yang didalamnya sudah mencakup antara teori sekaligus langkah-langkah praktik dalam pembutan media pembelajaran yang berbasis komputer. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan buku ajar matakuliah PBK dan menguji kelayakannya. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan buku ajar ini adalah model pengembangan dari Arief Sadiman. Adapun langkah-langkah penelitian buku ajar adalah sebagai berikut (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Tes/Uji coba (7) Revisi (8) Siap Produksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Subjek uji coba dalam pengembangan buku ajar ini adalah ahli materi ahli media dan mahasiswa PTI yang telah menempuh matakuliah PBK sebagai responden 12288 12288 12288 12288 Hasil akhir dari skripsi ini berupa buku ajar untuk matakuliah PBK dengan komponen di dalamnya terdiri dari halaman sampul kata pengantar daftar isi petunjuk umum kerangka isi tujuan pembelajaran paparan materi rangkuman soal/tugas dan daftar pustaka. Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) pada ahli media diperoleh persentase sebesar 90% (2) Pada ahli materi diperoleh persentase sebesar 94% (3) Pada uji coba responden kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 80 58%. (4) Pada uji coba responden kelompok besar diperoleh persentase sebesar 90 6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar Matakuliah Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Jurusan Teknik Elektro Program Studi S1 PTI ini layak digunakan sebagai bahan ajar kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45951

Actions (login required)

View Item View Item