Penerapan metode pembelajaran quantum learning berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami mata pelajaran visual basic kelas X SMK Negeri 3 Pamekasan / Cholifanur Annisak

Annisak, Cholifanur (2014) Penerapan metode pembelajaran quantum learning berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami mata pelajaran visual basic kelas X SMK Negeri 3 Pamekasan / Cholifanur Annisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Annisak, Cholifanur. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Multimedia Untuk meningkatkan Hasil Belajar Dalam Memahami Mata Pelajaran Visual Basic Kelas X SMKN 3 Pamekasan, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T., (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom. Kata kunci:Hasil belajar, Quantum Learning, Visual basic     Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa pemrograman berbasis desktop visual basic di kelas X RPL TI-1 di SMK Negeri 3 Pamekasan Madura, diketahui terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran mata pelajaran Produktif bahasa pemrograman berbasis desktop visual basic. Permasalahan tersebut antara lain: (a) dalam menyampaiakan materi penegenalan visual basic oleh guru dilakukan dengan ceramah,sehingga membuat siswa cenderung bosan dan berbicara bersama teman sebangkunya di dalam kelas (b) nilai siswa pada mata pelajaran produktif bahasa pemrograman berbasis desktop visual basic masih rendah. Perlunya suatu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa termotivasi untuk belajar sehingga peneliti mencoba untuk menerapkan suatu metode pembelajaran yang dirasa sangat efektif dengan permasalahan yang ada di dalam kelas yaitu dengan menggunakan quantum learning berbantuan multimedia sehingga dapat menunjang ketuntasan belajar siswa.     Tujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa pemrograman berbasis desktop visual basic setelah menggunakan metode pembelajaran Quantum learning berbantuan multimedia kelas X RPL TI-1 di SMKN 3 Pamekasan. Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Siklus yang direncanakan adalah 2 siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahap: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan observasi, dan (4) refleksi.     Hasil penelitian menujukkan penerapan quantum learning pada mata pelajaran bahasa pemrograman berbasis desktop visual basic pada siklus I ketercapaian pada guru mencapai presentase keterlaksanaan 85%, untuk siswa mencapai presentase keterlaksanaan 83%. Kemudian pada siklus II ketercapaian keterlaksanaan pada guru dengan presetase 97,02% sedangkan pada siswa keterlaksanaan mencapai presenatse 97% sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran dan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar yakni pada siklus I awal 75,94% pada akhir siklus I menjadi 78,8% mengalami peningkatan sebesar 2,86 % dan pada siklus II meningkat 6,4 % diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 85,2%. Pada ranah afektif siklus I 80,19% dan siklus II 84,76 %. Pada penilaian keterampilan mind mapping mencapai rata-rata presentase keseluruhan sebesar 23,6%. Dengan ketuntasan belajar 94,29% sehingga penerapan metode pembelajaran Quantum Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45950

Actions (login required)

View Item View Item