Pengembangan sistem informasi data kependidikan berbasis web untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto / Miftakhul Ulum Syaifulloh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi data kependidikan berbasis web untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto / Miftakhul Ulum Syaifulloh

Syaifulloh, Miftakhul Ulum (2014) Pengembangan sistem informasi data kependidikan berbasis web untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto / Miftakhul Ulum Syaifulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syaifulloh Miftakhul Ulum. 2014. Pengembangan Sistem Informasi Data Kependidikan Berbasis Web untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triyanna Widyaningtyas S.T M.T (II) M. Zainal Arifin S.Si M.Kom Kata Kunci Sistem Informasi Data Kependidikan Dinas Pendidikan Dinas pendidikan Kabupaten Mojokerto merupakan perwakilan kementrian pendidikan di wilayah Kabupaten Mojokerto yang mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai perumus kebijakan teknis di bidang pendidikan. Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya pengolahan data kependidikan di dinas pendidikan masih belum terorganisir dengan baik sehingga belum merata secara keseluruhan dengan sekolah yang menyebabkan penyaluran dana yang disediakan untuk sekolah menjadi sulit dan masih bersifat konvensional yang kurang efektif jika dilakukan pencarian data yang dibutuhkan secara mendesak. Penggunaan teknologi informasi yang semakin berkembang khususnya internet dapat memfasilitasi dinas pendidikan kabupaten mojokerto untuk melaksanakan berbagai aktivitas dengan lebih berkualitas akurat dan tepat waktu. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan aplikasi sistem informasi data kependidikan berbasis web untuk dinas pendidikan Kabupaten Mojokerto yang dapat diakses secara global sehingga mampu secara cepat dan tepat mengolah data kependidikan agar peningkatan pelayanan di dinas pendidikan kabupaten Mojokerto lebih responsif inovatif efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Pengembangan sistem ini merujuk pada model pengembangan waterfall yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu (1) analisis kebutuhan (2) desain sistem dan perangkat lunak (3) implementasi dan pengujian program (4) integrasi dan pengujian sistem dan (5) penerapan dan perawatan produk. Subyek uji coba pada penelitian ini terdiri dari sekolah dinas pendidikan dan ahli rekayasa perangkat lunak. Teknik pengujian yang digunakan adalah teknik pengujian blackbox yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang bersifat tertutup. Setelah data uji coba berhasil didapatkan maka dilakukan pengolahan data. Pengolahan data hasil uji coba dianalisis dengan membandingkan nilai keseluruhan jawaban responden dan nilai maksimal jawaban yang telah disediakan. Produk yang dihasilkan terdiri dari tiga macam pengguna yaitu dinas pendidikan sekolah dan pengembang. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan untuk validasi ahli rekayasa perangkat lunak diperoleh hasil sebesar 99 32% untuk hasil uji coba oleh sekolah sebanyak 5 sekolah diperoleh hasil rata-rata sebesar 93 98% untuk hasil uji coba oleh dinas pendidikan diperoleh hasil sebesar 100%. Secara keseluruhan hasil akhir uji coba diperoleh persentase sebesar 97 43% sehingga sistem informasi data kependidikan ini dinyatakan valid tidak perlu revisi. Dari data pada tahap analisis dapat disimpulkan bahwa sistem informasi data kependidikan ini sudah sesuai dengan kebutuhan dinas pendidikan dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45934

Actions (login required)

View Item View Item