Pengembangan modul pembelajaran perawatan dan perbaikan komputer berbasis web kelas X SMK Program Keahlian Teknik Komnputer dan Jaringan (TKJ) / Wahyu Madya Pratama

Pratama, Wahyu Madya (2014) Pengembangan modul pembelajaran perawatan dan perbaikan komputer berbasis web kelas X SMK Program Keahlian Teknik Komnputer dan Jaringan (TKJ) / Wahyu Madya Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama, Wahyu Madya. 2014Pengembangan Modul Pembelajaran Perawatan dan Perbaikan Komputer Berbasis Web Untuk Kelas X SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T.,(II) I Made Wirawan, S.T.,S.S.T.,M.T. Kata Kunci : Pengembangan, Modul online, Web Pengembangan sumber belajar menjadi sangat penting guna memberikan pengetahuan dasar tentang perawatan dan perbaikan komputer. Salah satu sumber belajar yang digunakan berupa modul yang bisa mendukung proses pembelajaran siswa.Berdasarkan observasi dengan wawancara kepada guru di SMKN 1 Kebonsari Madiun, masih mengandalkan guru sebagai sumber informasi dan tutor dalam melaksanakan pembelajaran. Keadaan pembelajaran tersebut tidak di tunjang dengan media pembelajaran dan sumber belajar yang mendukung. Guru hanya menggunakan e-book dan power point untuk menyampaikan materi, hal itu masih kurang dalam membangkitkan minat siswa untuk belajar secaara aktifsehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif karena materi yang di sampaikan tidak dapat diterima secara maksimal oleh peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran online perbaikan dan perawatan komputer yang memenuhi kriteria kompetensi dasar yang terdapat di silabus SMK kelas X dan juga menguji kelayakan modul online yang berguna untuk membantu proses belajar siswa yang dapat digunakan guru maupun siswa di dalam pembelajaran maupun digunakan secara mandiri oleh siswa diluar proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan R&D Sugiono. Dalam sistematika pengembangannya, terdapat 10 (sepuluh) langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa modul ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diuji cobakan kepada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kebonsari Madiun. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan presentase sebesar 96,42% (sangat valid). Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan presentase sebesar 89,28% (sangat valid). Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan presentase sebesar 84,5% (sangat valid) dan hasil uji coba kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 86,83% (sangat valid). Berdasarkan hasil secara keseluruhan, modul ini dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45931

Actions (login required)

View Item View Item