Perbedaan hasil belajar siswa kelas X TKJ dengan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan pembelajaran ekspositori pada pkok bahasan perakitan pc di SMK Negeri 3 Malang / Giovanni Ronaldo Fabiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa kelas X TKJ dengan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan pembelajaran ekspositori pada pkok bahasan perakitan pc di SMK Negeri 3 Malang / Giovanni Ronaldo Fabiono

Fabiono, Giovanni Ronaldo (2014) Perbedaan hasil belajar siswa kelas X TKJ dengan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan pembelajaran ekspositori pada pkok bahasan perakitan pc di SMK Negeri 3 Malang / Giovanni Ronaldo Fabiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fabiono Giovanni Ronaldo. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Pembelajaran Ekspositori Pada Pokok Bahasan Perakitan PC di SMK Negeri 3 Malang Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Hary Suswanto M.T. (II) I Made Wirawan S.T S.ST M.T. Kata Kunci metode Numbered Heads Together Ekspositori pendidikan pembelajaran kooperatif 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan bagian dari pembangunan. Proses pendidikan tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan. Pada umumnya pembangunan diarahkan dan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya yang berkualitas diantaranya adalah mengembangkan manusia seutuhnya yang berkualitas. Pendidikan sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada SMK Negeri 3 Malang didapatkan hal-hal sebagai berikut (1) Kurangnya fasilitas Personal Computer (PC) / Komputer (2) Kemampuan peserta didik dibidang Teknik Komputer Jaringan (TKJ) khususnya pada pokok bahasan Perakitan PC dalam pemahaman masih beragam dengan rentang nilai antara 44 00 sampai dengan 76 00 (3) Persepsi guru yang lebih memilih pembelajaran ekspositori dari pada pembelajaran kooperatif. 12288 12288 12288 12288 12288 Dengan dasar inilah yang mendorong peneliti mencoba mengadakan penelitian dengan judul Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Pembelajaran Ekspositori Pada Pokok Bahasan Perakitan PC di SMK Negeri 3 Malang 12288 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian Quasy experimental design dengan bentuk Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Pada desain ini baik kelompok Eksperimen dan Kontrol di beri pre-test perlakuan dan post-test. 12288 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini akan diambil dua kelas yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen untuk diberikan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol untuk diberikan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini nantinya akan dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap pengumpulan data. 12288 12288 12288 12288 12288 Terdapat dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. (1)Instrumen pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP. (2)Instrumen pengukuran yang terdiri soal pre-test post-test rubrik CAP dan penilaian kelompok kecil. 12288 12288 12288 12288 12288 Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kemampuan awal siswa kelas Eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 64 32 dan rata-rata kelas kontrol adalah 62 22. Selain itu didapatkan juga data hasil belajar siswa dengan rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 88 43 dan rata-rata kelas kontrol adalah 79 38.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45929

Actions (login required)

View Item View Item