Penerapan algoritma bacward chaining untuk mendeteksi kerusakan pada hardware komputer / Ridwan Efendi <BR> <BR> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma bacward chaining untuk mendeteksi kerusakan pada hardware komputer / Ridwan Efendi <BR> <BR>

Efendi, Ridwan (2014) Penerapan algoritma bacward chaining untuk mendeteksi kerusakan pada hardware komputer / Ridwan Efendi <BR> <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efendi Ridwan. 2013. Penerapan Algoritma Backward Chaining Untuk Mendeteksi Kerusakan Pada Hardware Komputer. Skripsi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata kunci Algoritma Backward Chaining Troubleshooting Hardware Komputer. Hardware komputer adalah perangkat komputer yang berbentuk fisik yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang dirumuskan. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai banyak perangkat komputer dan beberapa laboratorium komputer yang berguna menunjang perkuliahan praktikum dan aktifitas mengolah data. Kerusakan perangkat komputer terutama hardware tidak bisa dihindari karena disebabkan banyak faktor dan penggunaan berlebihan yang tidak diimbangi dengan perbaikan dan perawatan perangkatnya oleh karena itu teknisi komputer sangat berperan penting dalam menangani masalah tersebut. Tujuan pengembangan Skripsi ini untuk menerapkan algoritma backward chaining untuk menangani kerusakan pada hardware komputer yang nantinya dapat membantu dan mendukung teknisi dalam melakukan perbaikan komputer di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang . Metode yang digunakan dalam aplikasi ini adalah model Waterfall. Adapun prosedur pengembangannya dibagi dalam 6 tahap yaitu (1) analisis dan definisi persyaratan (2) perancangan sistem dan perangkat lunak (3) implementasi dan pengujian unit (4) integrasi dan pengujian sistem 5) operasi dan pemeliharaan. Hasil dari pengembangan sistem ini adalah dihasilkan algoritma backward chaining untuk penanganan masalah kerusakan hardware komputer di Laboratorium Jurusan Teknik Elektro yang masih mengandalkan teknisi yang jumlahnya terbatas. (1) Sebuah algoritma backward chaining dalam bentuk program Microsoft Visual Basic 2008 yang dapat membantu teknisi dalam melakukan diagnosa kerusakan hardware komputer. (2) Algoritma yang dibuat adalah untuk melihat informasi kerusakan yang diketahui dari komponennya konsultasi yang berisi pertanyaan-pertanyaan gejala kerusakan yang merujuk pada solusi perbaikan. Kesimpulan dari pengembangan Skripsi ini adalah (1) menghasilkan rancangan dan penelitian algoritma backward chaining untuk mendeteksi kerusakan pada hardware komputer yang bisa membantu teknisi di Laboratorium Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. (2) menguji fungsionalitas produk pengembangan algoritma backward chaining untuk mendeteksi kerusakan pada hardware komputer secara black box.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45927

Actions (login required)

View Item View Item