Peningkatan kualitas dan hasil pembelajaran menggunakan pendekatan lesson study dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) mata pelajaran mengadministrasi server dalam jaringan pada siswa kelas XII program keahlian TKJ SMK Negeri 1 Turen / Feri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas dan hasil pembelajaran menggunakan pendekatan lesson study dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) mata pelajaran mengadministrasi server dalam jaringan pada siswa kelas XII program keahlian TKJ SMK Negeri 1 Turen / Feri

Firmansyah, Feri Hidayatullah (2014) Peningkatan kualitas dan hasil pembelajaran menggunakan pendekatan lesson study dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) mata pelajaran mengadministrasi server dalam jaringan pada siswa kelas XII program keahlian TKJ SMK Negeri 1 Turen / Feri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Firmansyah Feri H.. 2013. Peningkatan Kualitas dan Hasil Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Lesson Study dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Mata Pelajaran Mengadministrasi Server dalam Jaringan Kelas XII Program Keahlian TKJ SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (i) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (ii) Drs. F.X. Budi Rahardjo M.Pd. Kata Kunci kualitas pembelajaran hasil pembelajaran lesson study cooperative learning STAD. Pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat penting dalam segala bentuk aktifitas yang dilaksanakan di sekolah. Pembelajaran banyak macam dan model dalam pelaksanaannya. Salah satunya adalah proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari proses pembelajaran sendiri adalah untuk memahamkan siswa untuk mendapat pengalaman dan ilmu baru untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran erat kaitannya dengan hubungan antara guru dan siswa dalam kelas pembelajaran. Suatu pembelajaran selalu ditemui permasalahan baik dalam segi penyampaiannya maupun dari segi materi yang disampaikan. Segala permasalahan yang terjadi di kelas ini merupakan masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran. Terdapat solusi yang mampu mengatasi setiap permasalahan yang terjadi di kelas. Salah satunya adalah dengan menjalankan suatu pendekatan lesson study. Dalam penelitian ini diambil satu kelas sampel yakni kelas XII TKJ-1 SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 32 siswa. Di kelas sampel ini memiliki permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran salah satunya adalah tipe siswa dalam penyerapan materi kebanyakan adalah tipe siswa visual. Di mana dari mereka banyak yang lebih mampu memahami suatu pembelajaran dengan melihat gambar instruksi daripada instruksi kerja yang berbasis teks atau tulisan. Masalah yang lain adalah pada permasalahan di sarana dalam pelajaran produktif. Dalam produktif yang dilakukan banyak ditemui jumlah komputer yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah siswa yang sebanyak itu. Jadi dengan pendekatan lesson study ini kelas sampel diteliti dengan suatu penelitian bersifat penelitian tindakan kelas (PTK) untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan lesson study untuk memonitoring proses pembelajaran yang dilaksanakan. Dari penelitian yang dilaksanakan diteliti mengenai perubahan tingkah laku siswa kualitas guru dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah diadakan kegiatan evaluasi pembelajaran. Hasil yang didapatkan adalah adanya peningkatan kualitas dan hasil pembelajaran yang terbukti dengan terdapatnya perubahan tingkah laku siswa dan hasil pembelajaran yang mengarah ke segi positif. Sedangkan pada kualitas pembelajaran yang dilakukan guru menjadi lebih baik dengan peningkatan pada materi ajar dan penyampaian guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45926

Actions (login required)

View Item View Item