Penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran jaringan dasar kelas X RPL di SMKN 4 Malang / Aris Mbajeng Wahyu Prasiska

Prasiska, Aris Mbajeng Wahyu (2014) Penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran jaringan dasar kelas X RPL di SMKN 4 Malang / Aris Mbajeng Wahyu Prasiska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasiska,Aris Mbajeng Wahyu. 2013. Penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X RPL di SMKN 4 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Drs. Suwasono, M.T. Kata kunci:Hasil belajar, Pembelajaran Berbantuan komputer, Jaringan dasar     Berdasarkan pengalaman mengajar di kelas X RPL B di SMK Negeri 4 Malang, kota Malang diketahui terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran mata pelajaran Produktif Jaringan Dasar. Permasalahan tersebut antara lain: (a) dalam menyampaiakan materi jaringan dasar oleh guru dilakukan dengan ceramah, (b) nilai siswa pada mata pelajaran produktif jaringan dasar masih rendah. Perlunya PBK untuk ketuntasan belajar siswa dengan manfaat PBK antara lain yakni (1)keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, (2) meneruskan pelajaran sesuai dengan tingkat kecepatan dan kemampuan belajar sendiri, (3) penguatan, (4) simulasi melalui komputer, dan (5) perulangan, bagi siswa yang belum mencapai prestasi yang memadai. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK), melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).     Penelitian ini dilakukan di SMKN 4 Malang pada bulan November sampai Desember 2013.Menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Siklus yang direncanakan adalah 2 siklus dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart (1997), Setiap siklus terdiri dari empat tahap: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X RPL B di SMK Negeri 4 Malang sebanyak 37 siswa terdiri dari 11 siswa perempuan dan 26 siswa laki-laki.     Hasil penelitian menujukkan bahwa kelayakan PBK dalam proses pembelajaran sebesar 96,15 % dan pada kelas uji coba sebesar 90,38% dengan tingkat validitas yaitu sangat valid atau valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif mata pelajaran produktif jaringan dasar yang sebelumnya rata-rata nilai hasil belajar awal (pretestsiklus I) sebesar 74,81% pada akhir siklus I menjadi 84,43% mengalami peningkatan sebesar 9,62 % dan pada siklus II meningkat 4,11 % diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 88,54%. Pada hasil belajar ranah afektif juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pada siklus I presentase keseluruan sebesar 88,19% meningkat 4,23% sehingga presentase pada siklus II sebesar 92,42 %.     Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X RPL di SMK Negeri 4 Malang.Peneliti menyarankan agar dalam penelitian PTK selanjutnya menggunakan tiga siklus, sehingga didapatkan hasil yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45925

Actions (login required)

View Item View Item