Perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sistem operasi kelas X TKJ SMKN 4 Malang / Indah Nur Permata Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sistem operasi kelas X TKJ SMKN 4 Malang / Indah Nur Permata Sari

Sari, Indah Nur Permata (2014) Perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sistem operasi kelas X TKJ SMKN 4 Malang / Indah Nur Permata Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Indah Nur Permata. 2013. Perbedaan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X TKJ SMKN 4 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Hasil Belajar Student Team Achievement Division (STAD) Think Pair and Share (TPS) Sistem Operasi 12288 12288 12288 12288 Dalam menyampaikan materi pelajaran guru harus bisa membuat siswa memahami materi yang diberikan namun masih banyak dijumpai kegiatan pembelajaran yang kurang optimal. Selama ini guru masih menyampaikan materi pembelajaran secara langsung sedangkan siswa juga tidak diberi wawasan lain selain materi yang disampaikan oleh guru sehingga peningkatan hasil belajar kurang maksimal. Menyimak permasalahan ini guru harus menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan situasi kenyataan bahwa siswa memiliki kemampuan yang heterogen. Dengan menyesuaikan keadaan lingkungan (posisi tempat duduk) dan permasalahan yang ada serta model pembelajaran yang memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda peneliti memilih menggunakan dan membandingkan model pembelajaran STAD dan TPS. Sehingga nantinya dapat diukur perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran STAD dan TPS. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif komparatif yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SMKN 4 Malang dengan sampel kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan menggunakan teknik nonrobability sampling purposive. Variable penelitian adalah siswa kelas X TKJ B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran TPS dan kelas X TKJ C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Instrumen penelitian ini adalah instrumen pembelajaran dan pengukuran. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. 12288 12288 12288 12288 Analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem operasi nilai kognitif dan psikomotorik siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol TPS yaitu 82 14 74 19 dan 83 04 75 38 dengan Sig.(2-tailed) yang menunjukkan terdapat perbedaan terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran STAD dan TPS. Sedangkan nilai afektif siswa kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol yaitu 87 72 90 99. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemahaman siswa TKJ lebih tinggi dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) daripada model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada pelajaran Sistem Operasi materi perhitungan penjadwalan CPU di SMKN 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45924

Actions (login required)

View Item View Item