Perbedaan metakognitif dan hasil belajar siswa SMK pada mata pelajaran pemrograman web melalui pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Problem Solving / Siska Dwi Hernaning - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan metakognitif dan hasil belajar siswa SMK pada mata pelajaran pemrograman web melalui pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Problem Solving / Siska Dwi Hernaning

Hernaning, Siska Dwi (2014) Perbedaan metakognitif dan hasil belajar siswa SMK pada mata pelajaran pemrograman web melalui pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Problem Solving / Siska Dwi Hernaning. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dwi Hernaning Siska.2013.Perbedaan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMK pada Mata Pelajaran Pemrograman Web melalui Pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Problem Solving. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci metakognitif hasil belajar pembelajaran project based learning problem solving. Metakognitif merupakan kemampuan berpikir secara sadar tentang pengetahuan yang di miliki kemampuan untuk mengontrol cara berpikir sendiri dan memantau suatu langkah-langkah kegiatan yang dilakukan oleh individu. Metakognitif yang diterapkan dalam strategi pembelajaran dapat memban tu siswa untuk mengorganisasikan pemecahan masalahnya saat menghadapi per ma salahan yang besar dan kompleks (Anderson 2000).Penggunaan pembelajaran project based learning dan problem solving dalam kegiatan belajar diharapkan dapat memberdayakan metakognitif siswa sehingga hasil belajar yang didapatkan semakin baik. Melalui penerapan strategi metakognitif dan aktivitas pemecahan masalah pada kedua pembelajaran siswa diharapkan dapat membuat tampilan halaman web berdasarkan masalah kebutuhan dan fungsi yang sangat diperlukan di dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X program kejuruan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 6 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X RPL 5 sebagai kelas kontrol dan X RPL 4 sebagai kelas eksperimen diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sebelum diberi perlakuan diambil data kemampuan awal siswa melalui pretest. Uji hipotesis menggunakan uji t untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar dan metakognitif pada pembelajaran project based learning dan problem solving. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran PBL dengan pembelajaran problem solving 2) Tidak ada perbedaan metakognitif yang signifikan antara pembelajaran PBL dengan pembelajaran problem solving. Rata-rata skor metakognitif siswa kelas eksperimen adalah 170 45 dan pada kelas kontrol adalah 178 09. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran project based learning lebih efektif dibandingkan problem solving untuk mencapai kompetensi membuat link membuat tabel dan menerapkan frame pada halaman web. Selain itu melatih dan membentuk metakognitif siswa dengan baik membutuhkan waktu lebih lama tidak cukup selama 4-5 kali pertemuan saja dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45921

Actions (login required)

View Item View Item