Studi pelaksanaan model pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X SMK negeri di Kabupaten Ponorogo / Khafidurrohman Agustianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pelaksanaan model pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X SMK negeri di Kabupaten Ponorogo / Khafidurrohman Agustianto

Agustianto, Khafidurrohman (2014) Studi pelaksanaan model pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X SMK negeri di Kabupaten Ponorogo / Khafidurrohman Agustianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustianto Khafidurrohman. 2013. Studi Pelaksanaan Model Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X SMK Negeri di Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tri Atmadji S. M.Pd. (II) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci model pembelajaran mata pelajaran produktif Pendidikan kejuruan sebagai bagian dari sistem pendidikan yang mempersiap kan seseorang agar lebih mampu bekerja pada suatu kelompok kerja pada kelompok pekerjaan atau bidang pekerjaan tertentu. Dalam praktek di lapangan ternyata terdapat kesenjangan dengan tujuan pendidikan kejuruan hasil observasi empirik di lapangan mengindikasikan bahwa sebagian besar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kurang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sulit untuk bisa dilatih kembali dan kurang bisa mengembangkan diri. Temuan tersebut mengidentifikasi bahwa pembelajaran di SMK belum banyak menyentuh dan mengembangkan kemampuan adaptasi peserta didik. Penelitian ini melaksanakan studi pelaksanaan model pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X SMK Negeri di Kabupaten Ponorogo kajian ini dimaksudkan agar pelaksanaan model pembelajaran pada kelas X bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi mata pelajaran produktif di SMK Negeri di Kabupaten Ponorogo dapat terkuak sehingga mampu menjadi pemecah masalah dalam keterbutuhan lulusan SMK yang mampu diterima oleh dunia industri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah SMK Negeri di Kabupaten Ponorogo. Bahan-bahan deskripsi penelitian didapatkan melalui angket yang disebar pada enam sekolah dengan dua puluh lima responden dengan populasi dan sampel penelitian seluruh SMK Negeri yang ada di Ponorogo. Penelitian menemukan model pembelajaran yang digunakan pada bidang studi keahlian TIK adalah sebanyak 9 orang menggunakan model pembelajaran kooperatif atau 36% dari populasi responden sebanyak enam orang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau 24% dari populasi responden dan sebanyak 10 orang menggunakan model pembelajaran project work atau 40% dari populasi responden. Penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran project work dengan tinggi sebesar 52% dari seluruh responden. Sedangkan guru yang menerapkan model pembelajaran ini secara utuh sebesar 40% dari seluruh responden penelitian. Hasil ini berbeda dengan yang ditemukan pada model pembelajaran di luar project work di mana dengan didasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran ini dengan hasil tinggi sebesar 60% dari seluruh responden. Sedangkan guru yang menerapkan model pembelajaran di luar project work secara utuh sebesar 60% pula dari seluruh responden penelitian. Lebih lanjut hasil ini menunjukkan bahwa hasil penelitian menemukan 12% responden yang walaupun tindak menerapkan model pembelajaran project work secara utuh/dominan namun dalam proses pembelajarannya menggunakan komponen-komponen model pembelajaran ini secara tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45918

Actions (login required)

View Item View Item