Penerapan model pembelajaran PAIKEM pendekatan cooperative learning tipe Talking Stick untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran sistem komputer untuk siswa kelas X RPL SMK Negeri 6 Malang / Fajar Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran PAIKEM pendekatan cooperative learning tipe Talking Stick untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran sistem komputer untuk siswa kelas X RPL SMK Negeri 6 Malang / Fajar Wati

Wati, Fajar (2014) Penerapan model pembelajaran PAIKEM pendekatan cooperative learning tipe Talking Stick untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran sistem komputer untuk siswa kelas X RPL SMK Negeri 6 Malang / Fajar Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wati Fajar. 2013. Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Pendekatan Cooperative Learning Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Komputer untuk Siswa Kelas X RPL SMK Negeri 6 Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Kata Kunci PAIKEM Pendekatan Cooperative Learning Talking Stick Rasa Percaya Diri Berdasarkan wawancara informal dengan beberapa guru jurusan RPL pada hari Rabu 4 September 2013 di ruang jurusan RPL SMK Negeri 6 Malang ditemukan masalah kurangnya rasa percaya diri siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Kurangnya rasa percaya diri ditunjukkan dengan ketidakaktifan siswa kelas X RPL 1 dalam bertanya dan mengungkapkan pendapat pada saat mengalami kesulitan dalam memahami suatu materi pelajaran serta rendahnya kemauan siswa untuk belajar dan mengerjakan tugas. Berdasarkan hasil wawancara dilakukan observasi di Kelas X RPL 1 SMK Negeri 6 Malang dengan mata pelajaran Sistem Komputer pada hari Senin 9 September 2013 dan didapatkan informasi bahwa guru menggunakan metode ceramah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan oleh guru tidak mendapat respon yang positif dari siswa. Hal ini membuat siswa merasa enggan untuk menyampaikan pendapat ketika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan siswa enggan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Proses pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat dapat menimbulkan masalah bagi siswa salah satunya adalah kurangnya rasa percaya diri siswa. Kurangnya rasa percaya diri siswa berakibat kurangnya pemahaman siswa mengenai materi pelajaran dan membuat guru mengalami kesulitan saat mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan. Penggunaan model pembelajaran yang dapat menjadikan suasana pembelajaran di lingkungan sekolah menjadi menyenangkan dan meningkatkan keaktifan siswa merupakan solusi untuk meningkatkan rasa percaya diri yang ada di dalam diri siswa. Salah satu model pembelajaran yang menyenangkan adalah model pembelajaran PAIKEM. PAIKEM merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. PAIKEM menggunakan metode tertentu dan berbagai media pengajaran sehingga proses pembelajaran menjadi aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan sehingga siswa merasa tertarik dan mudah menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL 1 di SMK Negeri 6 Malang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 siswa. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (4) refleksi di setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan dalam pnelitian ini meliputi (1) lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran (2) pedoman observasi rasa percaya diri (3) lembar catatan lapangan dan (4) dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian oleh pengamat 1 pada siklus 1 rasa percaya diri siswa yang berada pada kriteria sedang atau diatasnya mengalami penurunan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 2 3% yaitu dari 93 5% (29 siswa) menjadi 91 2% (31 siswa) dan rasa percaya diri siswa yang berada pada kriteria rendah mengalami kenaikan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 2 3% yaitu dari 6 5% (2 siswa) menjadi 8 8% (3 siswa). Pada siklus 2 ke siklus 3 rasa percaya diri siswa yang berada pada kriteria sedang atau diatasnya mengalami kenaikan sebesar 8 8% yaitu dari 91 2% (31 siswa) menjadi 100% (34 siswa) dan rasa percaya diri siswa yang berada pada kriteria rendah mengalami kenaikan sebesar 8 8% yaitu dari 8 8% (3 siswa) menjadi 0% (0 siswa). Berdasarkan hasil penelitian oleh pengamat 2 pada siklus 1 rasa percaya diri siswa yang berada pada kriteria sedang atau diatasnya mengalami kenaikan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 4 3% yaitu dari 83 9% (26 siswa) menjadi 88 2% (30 siswa) dan rasa percaya diri siswa yang berada pada kriteria rendah mengalami penurunan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 4 3% yaitu dari 16 1% (5 siswa) menjadi 11 8% (4 siswa). Pada siklus 2 ke siklus 3 rasa percaya diri siswa yang berada pada kriteria sedang atau diatasnya mengalami kenaikan sebesar 11 8% yaitu dari 88 2% (30 siswa) menjadi 100% (34 siswa) dan rasa percaya diri siswa yang berada pada kriteria rendah mengalami penurunan sebesar 11 8% yaitu dari 11 8% (4 siswa) menjadi 0% (0 siswa). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM pendekatan Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran Sistem Komputer untuk siswa kelas X RPL SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45916

Actions (login required)

View Item View Item