Perbedaan prestasi belajar antara model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dengan kooperatif Think Pair Share (TPS) pada matapelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK Negeri 2 Singosari / Lia Nur Enis Ratna Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar antara model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dengan kooperatif Think Pair Share (TPS) pada matapelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK Negeri 2 Singosari / Lia Nur Enis Ratna Wijayanti

Wijayanti, Lia Nur Enis Ratna (2014) Perbedaan prestasi belajar antara model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dengan kooperatif Think Pair Share (TPS) pada matapelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK Negeri 2 Singosari / Lia Nur Enis Ratna Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijayanti Lia Nur Enis Ratna. 2013. Perbedaan Prestasi Belajar Antara Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) dengan Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Matapelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi. Prodi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tri Atmadji Sutikno M.Pd (2) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata kunci prestasi belajar PBL TPS Pemrograman Dasar Permasalahan yang terjadi di SMK Negeri 2 Singosari antara lain (1) guru belum memahami mengenai model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa (2) pembelajaran yang dilaksanakan masih bertumpu pada guru dan kurang adanya peran aktif dari siswa dalam proses pembelajaran (3) masing-masing siswa memiliki tingkat kecepatan yang berbeda dalam menangkap materi dan (4) siswa merasa malu mengungkapkan pendapatnya (5) akibatnya 30 30 % siswa kelas X TKJ 1 dan 29 41% siswa kelas X TKJ 2 tidak tuntas dalam Ulangan Harian Ke-1. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi adalah model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan kooperatif Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS pada matapelajaran Pemrograman Dasar. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan bentuk pretest-posttest control group design. Subyek penelitiannya yaitu siswa kelas X program keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Singosari. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yakni sampling jenuh karena seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisis datanya adalah uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata kemampuan awal dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan uji-t pada posttest global yang memperoleh thitung 3 627 ttabel1 997 dengan signifikansi 0 001 61537 0 05. Prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari prestasi belajar kelas kontrol. Diperoleh nilai rata-rata posttest global kelas eksperimen adalah 87 16 sedangkan kelas kontrol adalah 81 92. Selain itu dilakukan uji-t terhadap gain score yang memperoleh thitung 2 113 ttabel 1 997 dan nilai signifikansi 0 038 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa selisih antara kedua kelompok berbeda secara signifikan. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian diterima karena nilai signifikansi 61537 0 05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL dan model pembelajaran kooperatif strategi TPS pada matapelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMK Negeri 2 Singosari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45914

Actions (login required)

View Item View Item