Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK Negeri 2 Singosari / Asri Masytho - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK Negeri 2 Singosari / Asri Masytho

Masytho, Asri (2014) Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK Negeri 2 Singosari / Asri Masytho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masytho Asri. 2013. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) M. Zainal Arifin S.Si M.Kom. Kata Kunci Team Assisted Individualization Student Team Achievement Division hasil belajar perakitan komputer. Pembelajaran konvensional yang digunakan oleh guru yaitu berupa pembelajaran kelompok sederhana yang dapat digolongkan sebagai model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) masih memiliki kekurangan karena dalam kegiatan berkelompok sebagian anggota saja yang benar-benar mengerjakan tugas kelompok. Pembelajaran tersebut memungkinkan siswa menjadipasif dan hanya mendompleng di dalam kegiatan berkelompok sehingga ketika dilakukan evaluasi pencapaian hasil belajar siswa tergolong rendah. Diperlukan suatu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk benar-benar aktif dalam pembelajaran kelompok salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar perakitan komputer model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan STAD (Student Team Achievement Division) pada kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Singosari. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) model Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Singosari semester 1 tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model TAI dan kelas X TKJ 2 sebagai kelompok kontrol yang diajar menggunakan model STAD. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan uji hipotesis menggunakan uji t dimana sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata kemampuan awal siswa. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimenTAI memperoleh nilai rata-rata ranah kognitif sebesar 76 53 dan nilai rata-rata ranah psikomotor sebesar 85 74. Kelas kontrol STAD memperoleh nilai rata-rata ranah kognitif sebesar 73 22 dan nilai rata-rata ranah psikomotor sebesar 82 23. Perbedaan pada nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada kedua kelas tersebut tidak signifikan namun nilai rata-rata kelas TAI lebih tinggi dari kelas STAD. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah psikomotor antara kedua kelas tersebut dimana nilai rata-rata kelas TAI juga lebih tinggi dari kelas STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45911

Actions (login required)

View Item View Item