Pengembangan M-learning berbasis android sebagai media pembelajaran produktif teknik komputer dan jaringan mata pelajaran perakitan komputer untuk kelas X di SMK Negeri 1 Praya / Jefri Andy Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan M-learning berbasis android sebagai media pembelajaran produktif teknik komputer dan jaringan mata pelajaran perakitan komputer untuk kelas X di SMK Negeri 1 Praya / Jefri Andy Putra

Putra, Jefri Andy (2014) Pengembangan M-learning berbasis android sebagai media pembelajaran produktif teknik komputer dan jaringan mata pelajaran perakitan komputer untuk kelas X di SMK Negeri 1 Praya / Jefri Andy Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra Jefri Andy. 2013. Pengembangan M-Learning Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan Mata Pelajaran Perakitan Komputer untuk Kelas X di SMK Negeri 1 Praya. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom. (II) Muhammad Jauharul Fuady S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran m-learning perakitan komputer. 12288 12288 12288 12288 12288 Pada mata pelajaran Perakitan Komputer untuk kelas X di SMK Negeri 1 Praya guru mata pelajaran mengalokasikan waktu selama dua semester. Pada semester gasal guru mata pelajaran hanya memberikan materi-materi yang bersifat konseptual (teori) selama satu semester penuh sedangkan untuk dialokasikan pada semester genap. Persoalannya adalah bagaimana siswa tersebut dapat belajar dengan atau tanpa buku baik di kelas atau di rumah untuk mempelajari dan memahami materi yang bersifat teori ini. Sekalipun di kelas guru sudah memberikan penjelasan kemudian siswa mencatat apa yang dijelaskan oleh guru itu saja tidak cukup. Tentu keadaan-keadaan seperti ini membuat siswa tidak dapat belajar seperti bagaimana seharusnya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka pengembangan media pembelajaran m-learning Perakitan Komputer sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pada penelitian ini perancangan dan pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah merujuk pada model pengembangan Sadiman dkk yang tahapannya terdiri dari (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Tes/uji coba (7) Revisi dan (8) Naskah siap produksi. Subjek uji coba dalam pengembangan yaitu ahli materi dan ahli media serta siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Praya kelas X dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang kemudian diolah dalam bentuk persentase menggunakan rumus persentase menurut Akbar Sriwiyana (2010). 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka didapatkan hasil persentase dari ahli media sebesar 93% ahli materi sebesar 91 3% uji coba kelompok kecil sebesar 86 8% dan uji coba lapangan sebesar 92 5%. Sehingga didapatkan hasil rata-rata sebesar 91% dengan interpretasi kelayakan sangat valid dari batas minimal persentase validitas 75 01%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran m-learning Perakitan Komputer secara keseluruhan dinyatakan layak/valid. Media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media belajar siswa secara mandiri ataupun suplemen pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45907

Actions (login required)

View Item View Item