Perbedaan hasil belajar dan metakognitif siswa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) / Rizky Aprillia Yudhoningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar dan metakognitif siswa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) / Rizky Aprillia Yudhoningrum

Yudhoningrum, Rizky Aprillia (2014) Perbedaan hasil belajar dan metakognitif siswa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) / Rizky Aprillia Yudhoningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yudhoningrum Rizky Aprillia. 2013. Perbedaan Hasil Belajar dan Metakognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (2) Drs. Fx. Budi Raharjo M.Pd. Kata Kunci Metakognitif Student Team Achievement Division Think Pair Share Dalam proses pembelajaran guru harus mengaktifkan siswa dan melibatkan siswa pada setiap proses pembelajaran. Pada model pembelajaran STAD di tahap diskusi kelompok siswa diharuskan aktif. Pada tahap ini guru mendorong siswa supaya aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pada model pembelajaran TPS guru mendorong siswa supaya aktif pada tahap pair dan share. Metakognitif adalah kemampuan seseorang untuk mengatur proses kognitifnya secara sadar untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan hasil belajar dan metakognitif siswa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan pretest-posttest control group design. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran STAD dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran TPS. Variabel bebas yaitu model pembelajaran variabel terikat yaitu hasil belajar dan metakognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Kota Mojokerto. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling pertimbangan (purposive sampling) sehingga diperoleh kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan pada ranah kognitif (tugas) kognitif (tes tulis) dan afektif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model pembelajaran STAD lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada model pembelajaran STAD siswa lebih antusias karena guru akan memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki nilai tertinggi. Pada hasil metakognitif siswa tidak terdapat perbedaan metakognitif siswa yang signifikan pada komponen metakognitif knowledge of cognition dan regulation of cognition antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45899

Actions (login required)

View Item View Item