Perbedaan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan direct instruction untuk mata pelajaran pemrograman terhadap metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X SMKN 2 Singosari / Husnul Rahmawati Sakinnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan direct instruction untuk mata pelajaran pemrograman terhadap metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X SMKN 2 Singosari / Husnul Rahmawati Sakinnah

Sakinnah, Husnul Rahmawati (2013) Perbedaan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan direct instruction untuk mata pelajaran pemrograman terhadap metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X SMKN 2 Singosari / Husnul Rahmawati Sakinnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Husnul. 2013. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Direct Instruction Untuk Matapelajaran Pemrograman Terhadap Metakognitif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Singosari Malang. Skripsi Kompetensi keahlian Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T dan pembimbing (2) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Model Pembelajaran Berbasis Proyek Direct Instruction Metakognitif Berdasarkan hasil observasi di SMKN 2 Singosari bahwa pembelajaran produktif dengan kurikulum 2013 mewajibkan semua jurusan mempelajari mengenai pemrograman dasar dimana merupakan matapelajaran yang sangat baru untuk jurusan TKJ. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif digunakan untuk matapelajaran pemrograman dasar terhadap hasil belajar dan metakognitif siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretest - Posttest Control Group Design . Dalam desain penelitian ini terdapat dua kelompok sebagai sampel yaitu kelas X TKJ 1 dan X TKJ2 kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan yaitu sebanyak 33 orang untuk kelas eksperimen dan 34 orang untuk kelas kontrol. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dan Direct Instruction (DI) dan variabel terikat yaitu hasil belajar dan metakogntif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis menggunakan t-test terhadap hasil belajar nilai Sig (2-tailed) sebesar 0 00 dan metakognitif dengan Sig (2-tailed) sebesar 0 738. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan antara metakognitif dan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metakognitif terhadap hasil belajar dengan menggunakan uji anova faktorial 2x2 menghasilkan Sig. 0 772 0 05 sehingga tidak ada pengaruh antara metakognitif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran memiliki efektifitas yang sama untuk siswa yang memiliki metakognitif tinggi dan metakognitif rendah dimana metakognitif rendah yaitu siswa yang memiliki skor metakognitif 130 dan metakognitif tinggi yaitu siswa yang memiliki skor metakognitif 130.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45894

Actions (login required)

View Item View Item