Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi 3D pada standar kompetensi melakukan instalasi software untuk siswa kelas X SMK Program Keahlian TKJ SMK Negeri 9 Malang / Seprizal Harviyansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi 3D pada standar kompetensi melakukan instalasi software untuk siswa kelas X SMK Program Keahlian TKJ SMK Negeri 9 Malang / Seprizal Harviyansyah

Harviyansyah, Seprizal (2013) Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi 3D pada standar kompetensi melakukan instalasi software untuk siswa kelas X SMK Program Keahlian TKJ SMK Negeri 9 Malang / Seprizal Harviyansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harviyansyah Seprizal.2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi 3D pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Software untuk Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ SMK Negeri 9 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muladi S.T M.T (2) Didik Dwi Prasetya S.T M.T Kata Kunci Game Edukasi Animasi 3 Dimensi Media Pembelajaran Melakukan Instalasi Software Media pembelajaran berbasis game edukasi yang banyak diminati salah satunya berbentuk animasi 3 dimensi (3D) yang memiliki keunggulan dibanding dengan animasi 2 dimensi (2D) karena objek yang ditampilkan animasi 3D terlihat lebih nyata dibandingkan dengan animasi 2D. Hasil wawancara dengan salah satu guru di SMK Negeri 9 Malang pada standar kompetensi melakukan instalasi software disimpulkan bahwa mengenai pembelajaran tersebut pemilihan media pembelajaran yang digunakan belum tepat sehingga sajian materi kurang menarik. Siswa merasa bosan dan melakukan kegiatan lain seperti bermain game pada saat pembelajaran. Tujuan dari pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi 3D ini yaitu mendukung kegiatan belajar siswa pada pelajaran standar kompetensi melakukan instalasi software. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan ini berdasarkan model pengembangan yang dinyatakan oleh Sugiyono yang menggunakan 10 tahapan untuk menghasilkan produk media pembelajaran. Metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono dipilih untuk mengembangkan produk media pembelajaran game edukasi karena langkah-langkahnya sistematis sesuai dengan kebutuhan ringkas jelas sederhana dan mudah dipahami sehingga mudah untuk dilakukan. Hasil pengembangan ini diharapkan dapat memenuhi kelayakan untuk digunakan siswa kelas X program keahlian TKJ SMK sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran game edukasi ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta telah diujicobakan pada responden. Hasil dari validasi media diperoleh persentase sebesar 100% dan ahli materi mendapatkan persentase sebesar 80 5% . Hasil dari responden menyebutkan bahwa persentase sebesar 81 11% untuk kelompok kecil dan 84 17 % untuk uji coba lapangan. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran secara keseluruhan dinyatakan layak/valid digunakan sebagai pembelajaran pada standar kompetensi melakukan instalasi software.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45889

Actions (login required)

View Item View Item