Pengembangan modul pembelajaran instalasi software untuk mata pelajaran produktif TKJ kelas X SMKN 5 Malang / Defi Pipuk Styaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran instalasi software untuk mata pelajaran produktif TKJ kelas X SMKN 5 Malang / Defi Pipuk Styaningsih

Styaningsih, Defi Pipuk (2013) Pengembangan modul pembelajaran instalasi software untuk mata pelajaran produktif TKJ kelas X SMKN 5 Malang / Defi Pipuk Styaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Styaningsih Defi Pipuk. 2013.Pengembangan Modul Pembelajaran Instalasi Software untuk Mata Pelajaran Produktif TKJ Kelas X SMKN 5 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Instalasi Software Modul Pengembangan 12288 12288 12288 12288 Peningkatan mutu pelaksanaan pembelajaran di sekolah dilakukan dengan berbagai strategi melalui penerapan pendekatan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi. Pendekatan kompetensi mempersyaratkan penggunaan modul dalam pelaksanaan pembelajaran. Proses pembelajaran yang diterapkan di kelas X TKJ sedikit meninggalkan metode konvensional. Pembelajaran masih berlangsung di dalam kelas dengan sistem tatap muka dan penggunaan modul softcopy. Pada kenyataannya penggunaan modul berupa softcopy kurang efektif dan efisien. Selain itu modul yang digunakan kurang update untuk pembelajaran yang dilaksanakan dikelas sehingga guru harus memegang penuh peran dalam pelaksanaan praktikum. Peserta didik juga kurang aktif peserta didik hanya mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru. Dengan adanya masalah tersebut maka perlu adanya modul praktikum melakukan instalasi software untuk membantu peserta didik dalam kegiatan praktikum. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul melakukan instalasi software. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam skripsi ini dari langkah-langkah pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari pengidentifikasian tujuan instruksional pelaksanaan analisis instruksional pengidentifikasian perilaku dan karakteristik perumusan tujuan khusus pengembangan item tes yang direferensikan pengembangan strategi pembelajaran pengembangan dan pemilihan materi pembelajaran perancangan dan pelaksanaan evaluasi formatif evaluasi sumatif dan revisi pembelajaran. Validasi dilakukan dua macam yaitu validasi isi dan uji coba produk. Validator terdiri dari ahli media (dosen) ahli materi (dosen) peserta didik. Data yang diperoleh dari pengembangan modul ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan modul ini berupa angket. Untuk menganalisis data kuantitatif yang berupa efektifitas modul yang akan dinilai berdasarkan kriteria efektifitas oleh validator. Hasil pengembangan berupa modul yang terdiri dari buku pegangan peserta didik lembar kerja dan buku pegangan guru. Materi dalam modul adalah melakukan instalasi software yang terdiri dari 5 kegiatan belajar yakni (1) instalasi VMWare (2) Windows 7 (3) Debian (4) Ms.Office 2013 dan (5) Anti virus (Avira). Validasi yang dilakukan oleh ahli media menghasilkan skor 87% dan 91% ahli materi memberikan skor 94% dan 93% dan skor uji coba mencapai 83% dan 84%. Dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45880

Actions (login required)

View Item View Item