Pengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknbologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Wahytu Romadhona - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknbologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Wahytu Romadhona

Romadhona, Wahyu (2013) Pengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknbologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Wahytu Romadhona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Romadhona Wahyu. 2011. Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran TIK Kelas VIII SMP 1 Malang. Skripsi. Prodi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (2). Drs. Hari Putranto. Kata Kunci Strategi metakognitif kemampuan metakognitif hasil belajar siswa Pendidikan merupakan ujung tombak pembangunan negara karena dengan pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut maka salah satu aspek pendidikan khususnya proses pembelajaran juga harus dilaksanakan secara aktif kreatif efektif dan bermakna untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas Usaha yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kesuksesan belajar yaitu guru harus melatih siswa untuk merancang apa yang hendak dipelajari memantau kemajuan belajar dan menilai apa yang dipelajari. Akan tetapi kondisi di lapangan banyak dijumpai bahwa tingkat kemampuan siswa dalam merencanakan melaksanakan maupun mengevaluasi proses pembelajaran sangat rendah sehingga kemampuan metakognitifnya pun juga rendah. Penyebabnya tidak lain adalah strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik jarang dilakukan dan lebih dititikberatkan pada aspek kognitif. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini mengangkat strategi metakognitif sebagai solusi alternatif bagi permasalahan tersebut. Strategi metakognitif adalah proses berurutan digunakan untuk mengontrol kegiatan kognitif dan untuk memastikan bahwa tujuan kognitif telah terpenuhi. Proses ini membantu untuk mengatur dan mengawasi belajar serta terdiri dari perencanaan dan pemantauan kegiatan kognitif serta memeriksa hasil dari kegiatan tersebut 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan strategi metakognitif dengan siswa yang tidak diberikan strategi metakognitif. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Malang dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Malang Tahun Ajaran 2012/2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pasca tes(posttest) atau non equivalent control group design dengan analisis data deskriptif dan anova. 12288 12288 12288 12288 Menurut analisis data H0 ditolak jika sig.0 05. Sehingga hasil data yang menunjukkan angka sig. sebesar 0 00 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMPN 1 Malang Tahun Ajaran 2012-2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45878

Actions (login required)

View Item View Item