Penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI di SMA Negeri 2 Pamekasan / Fety Ayu Puspita Ningtiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI di SMA Negeri 2 Pamekasan / Fety Ayu Puspita Ningtiyas

Ningtiyas, Fety Ayu Puspita (2013) Penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI di SMA Negeri 2 Pamekasan / Fety Ayu Puspita Ningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningtiyas Fety Ayu Puspita. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Turnament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 2 Pamekasan. Skiripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (2) Sujito S.T. M.T. Kata Kunci Teams Games Turnament Minat Belajar Hasil Belajar TIK. 12288 12288 12288 12288 Pada dasarnya pendidikan berfungsi untuk membantu siswa dalam pengembangan diri ke arah yang lebih baik. Untuk menjadi pribadi yang lebih baik peran serta guru sangat diperlukan. Guru merupakan salah satu komponen yang berpengaruh dan memiliki peran penting serta merupakan kunci pokok bagi keberhasilan peningkatan mutu pendidikan. Selain itu motivasi juga memiliki peran penting dalam menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan dengan Ibu Ritta Prawitasari sebagai guru TIK di SMA Negeri 2 Pamekasan diperoleh beberapa permasalahan. Beberapa masalah yang ditemukan antara lain 1) ketika pelajaran berlangsung beberapa siswa bermain game sehingga siswa tidak fokus pada pelajaran 2) motivasi belajar siswa kurang hal ini ditandai dengan sikap siswa yang cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan masih banyak siswa yang menyibukkan dirinya dengan bermain game saat pelajaran berlangsung 3) siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan 4) beberapa unit komputer rusak sehingga mengakibatkan siswa bergerombol di satu meja dan perhatian siswa menjadi berkurang terhadap pelajaran. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan yaitu metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) yang dilakukan dalam tiga siklus subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 6 yang berjumlah 35 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri Pamekasan. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi angket dan tes formatif. Untuk mengetahui minat belajar siswa diberikan angket sebelum dan sesudah penerapan TGT. Analisis angket minat belajar menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar siswa mengalami peningkatan dari 2 46 dengan kriteria kurang berminat menjadi 3 20 dengan kriteria berminat. Sedangkan perolehan skor rata-rata pada hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat pada siklus I sebesar 80 3 siklus II sebesar 92 1 dan siklus III sebesar 96 1. Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 85 90% siklus II sebesar 89 90% dan siklus III sebesar 93 71%. Sedangkan Hasil belajar ranah psikomotorik mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 85 71% siklus II sebesar 89 68% dan siklus III sebesar 92 38%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode TGT dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pamekasan pada mata pelajaran TIK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45876

Actions (login required)

View Item View Item