Pengaruh karakteristik cara belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran KKPI kelas X TKJ di SMKN 8 Malang / Putri Dwi Risanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh karakteristik cara belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran KKPI kelas X TKJ di SMKN 8 Malang / Putri Dwi Risanti

Risanti, Putri Dwi (2013) Pengaruh karakteristik cara belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran KKPI kelas X TKJ di SMKN 8 Malang / Putri Dwi Risanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Karakteristik Cara Belajar Prestasi Belajar KKPI Pendidikan memegang peranan penting dalam menciptakan suatu bangsa yang maju. Prestasi peserta didik dapat dipengaruhi faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorang sedangkan faktor internal merupakan faktor yang terdiri dari diri orang itu sendiri. Salah satu contoh dari faktor internal adalah karakteristik cara belajar atau learning characters. Karakteristik cara belajar peserta didik kurang mendapatkan perhatian khusus dari pihak sekolah maupun pemerintahan. Belum ada sekolah yang mengelompokkan peserta didik berdasarkan karakteristik cara belajar mereka. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada saat praktik pengalaman lapangan (PPL) SMKN 8 Malang merupakan salah satu sekolah yang mengelompokkan peserta didik mereka berdasarkan prestasi belajar dan bukan berdasarkan karakteristik cara belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Pengelompokan peserta didik berdasarkan karakteristik cara belajar sangat penting diterapkan karena dapat mempermudah peserta didik memahami materi yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar peserta didik yang dikelompokkan dan diberi perlakuan berdasarkan karakteristik cara belajarnya pada mata pelajaran KKPI kelas X TKJ di SMKN 8 Malang dan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara karakteristik cara belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran KKPI kelas X TKJ di SMKN 8 Malang setelah mendapatkan perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Experimental Design yaitu untuk menyelidiki adanya kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah dengan mengelompokkan dan memberikan proses pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik cara belajar yang dimiliki peserta didik . Berdasarkan hasil analisis diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik cara belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh berdasarkan uji-t berpasangan taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0 000 yang kurang dari alfa (0 05) sehingga H1 diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45870

Actions (login required)

View Item View Item