Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis multimedia untuk siswa kelas IV SDN Rowokangkung 01 Lumajang / Wetinda Kusuma Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis multimedia untuk siswa kelas IV SDN Rowokangkung 01 Lumajang / Wetinda Kusuma Wardhani

Wardhani, Wetinda Kusuma (2013) Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis multimedia untuk siswa kelas IV SDN Rowokangkung 01 Lumajang / Wetinda Kusuma Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Media Pembelajaran Multimedia Proses belajar mengajar pada era digital seperti saat ini syarat dengan penggunaan peralatan elektronik hal ini tidak hanya menarik untuk dicermati tetapi juga bisa membantu tugas guru dalam memberikan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran dan media pendukung kegiatan pembelajaran yang lain guru dapat menyampaikan materi pelajaran secara jelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil observasi dan wawancara mengenai media pembelajaran dengan guru mata pelajaran IPS yang dilakukan di SDN Rowokangkung 01 Lumajang media pembelajaran yang sudah ada kurang sesuai dengan silabus.. Pada sekolah tersebut sudah tersedia media yang mendukung proses pembelajaran seperti notebook komputer dan LCD. Hanya saja media tersebut kurang dimanfaatkan pada saat proses pembelajaran karena terbatasnya media pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran IPS. Sehingga proses pembelajaran masih terpusat pada guru dan siswa kurang aktif. Selain itu materi yang disajikan pada buku penunjang kurang mewakili kebudayaan setempat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media dan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) khususnya untuk siswa SD kelas IV serta menguji kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia yang telah dikembangkan. Pengembangan dan Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan model pengembangan Research and Development (R D). Adapun langkah-langkah pengembangan metode Research and Development (R D) yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produk masal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Setelah dilakukan validasi dan uji coba persentasenya sebagai berikut ahli media (95%) ahli materi (81 25%) uji coba perseorangan (87 5%) uji coba kelompok kecil (90%) dan uji coba lapangan (94 70%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran membantu siswa memahami materi dan menarik perhatian siswa sehingga media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45869

Actions (login required)

View Item View Item