Pengembangan bahan ajar digital menggunakan pendekatan Learning Cycle 5E materi Desain Grafis 2D mata pelajaran Produktif Mul;timedia Sekolah Menengah kejuruan / Yunita Chandra Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital menggunakan pendekatan Learning Cycle 5E materi Desain Grafis 2D mata pelajaran Produktif Mul;timedia Sekolah Menengah kejuruan / Yunita Chandra Kartika

Kartika, Yunita Chandra (2013) Pengembangan bahan ajar digital menggunakan pendekatan Learning Cycle 5E materi Desain Grafis 2D mata pelajaran Produktif Mul;timedia Sekolah Menengah kejuruan / Yunita Chandra Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kartika Yunita Chandra. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Pendekatan Learning Cycle 5e pada Materi Desain Grafis 2D Mata Pelajaran Produktif Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (2) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci Bahan Ajar Digital Learning Cycle 5e Peningkatan kualitas pendidikan merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu implementasi peningkatan kualitas pendidikan adalah dengan memenuhi kebutuhan sumber belajar bagi siswa. Sumber belajar bisa berupa bahan ajar maupun media pembelajaran. Berdasarkan observasi di SMK Negeri 1 Wonoasri menunjukkan bahwa ketersediaan bahan ajar disana kurang memadai tidak memotivasi siswa dan tidak menyediakan latihan soal. Media yang digunakan dalam pembelajaran dirasa kurang menarik padahal fasilitas cukup memadai. Laboratorium dan jumlah komputer di SMK Negeri 1 Wonoasri cukup memadai dan dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran menggunakan bahan ajar digital. Pembuatan bahan ajar digital menggunakan pendekatan Learning Cycle 5e. Learning Cycle 5e ini terdiri dari lima tahap pembelajaran. Tahapan-tahapan pada Learning Cycle 5e adalah (a) pembangkitan minat (b) eksplorasi (c) penjelasan (d) elaborasi dan evaluasi. Pada penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Model pengembangan Borg and Gall terdiri dari sepuluh tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan draf produk awal uji lapangan awal merevisi hasil uji coba uji coba lapangan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan uji pelaksanaan lapangan operasional penyempurnaan produk akhir diseminasi dan Implementasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka didapatkan data akhir sebesar 95 1% dari ahli media 94 7% dari ahli materi 82% dari uji coba kelompok kecil dan 93% dari uji coba lapangan. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital menggunakan pendekatan Learning Cycle 5e secara keseluruhan dinyatakan layak/valid. Bahan ajar dapat digunakan sebagai suplemen tambahan sumber belajar siswa diluar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45864

Actions (login required)

View Item View Item