Sistem informasi pengumuman berbasis WEB di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Marcelino Bayu B P - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem informasi pengumuman berbasis WEB di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Marcelino Bayu B P

Permadi, Marcelino Bayu Bagus (2013) Sistem informasi pengumuman berbasis WEB di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Marcelino Bayu B P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci sistem informasi pengumuman berita informasi web Pengelolaan pengumuman yang rapi dan jelas sangat mendukung lancarnya pembelajaran di Perguruan Tinggi. Di Jurusan Teknik Elektro FT UM pengelolaan pengumuman masih belum menggunakan sistem informasi yang terintegrasi. Kondisi ini berpotensi menimbulkan kesulitan dalam pencarian informasi yang up to date. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi yang layak untuk memanajemen pengumuman pengumuman yang ada di Jurusan Teknik Elektro FT UM. Selain itu sebagai sumber informasi mengenai profil Jurusan Teknik Elektro FT UM. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan tujuan untuk merancang mengembangkan dan melakukan pengujian sistem informasi pengumuman berbasis web di Jurusan Tek nik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Metode pengembangan sistem informasi yang digunakan ialah model pengembangan waterfall dari Sommerville. Model waterfall memiliki 5 tahapan yaitu requirements definition system and software design implementation and unit testing integration and system testing dan operation and maintenance. Sistem dikembangkan dengan memanfaatkan framework Jquery berbasis web. validasi sistem dilakukan oleh ahli rekayasa web dengan menggunakan aspek usabilitas dan fungsionalitas sistem. Uji coba sistem dilakukan kepada pengguna yang terdiri dari operator dan mahasiswa. Dari hasil validasi ahli rekayasa web sistem mendapatkan persentasi untuk aspek usabilitas sebesar 94 8% dan fungsionalitas sebesar 92 5%. Sedangkan hasil uji coba pengguna sistem mendapatkan persentasi untuk aspek usabilitas sebesar 100% dan fungsionalitas sebesar 97 5%. Berdasar hasil pengujian terhadap aspek usabilitas dan fungsionalitas disimpulkan bahwa sistem informasi yang didesain dalam skripsi ini adalah valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45862

Actions (login required)

View Item View Item