Pengembangan media pembelajaran interaktif pada aplikasi kamus elektronik istilah mapel fisika di SMK / Andi Haris Rachmadini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pada aplikasi kamus elektronik istilah mapel fisika di SMK / Andi Haris Rachmadini

Rachmadini, Andi Haris (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada aplikasi kamus elektronik istilah mapel fisika di SMK / Andi Haris Rachmadini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci SMK Media pembelajaran Kamus Elektronik Fisika. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat) yang dipersiapkan untuk dunia kerja. Sekolah Menengah Kejuruan ditempuh dalam waktu 3 tahun mulai dari kelas 10 sampai kelas 12. Pada kelas 10 terdapat mata pelajaran dasar yang harus dikuasai oleh para siswa SMK. Dunia pendidikan senantiasa bergerak maju secara dinamis salah satunya untuk menciptakan bahan ajar khususnya bahan ajar Fisika yang semakin menarik interaktif dan komprehensif. Fisika adalah salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam ruang lingkup IPA. Ilmu Fisika sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehingga siswa perlu mempelajari ilmu fisika dengan baik. Namun di mata pelajaran Fisika banyak sekali terdapat kata-kata sukar. Referensi seperti RPAL Wikipedia dan Buku Sekolah Elektronik (BSE) terdapat kendala yang bermacam-macam sehingga siswa kurang fokus dalam memahami kata-kata sukar. Maka perlu dikembangkan suatu Kamus elektronik istilah pada Mapel Fisika yang dapat mempermudah siswa dalam mencari kata-kata sukar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan ini berdasarkan model pengembangan yang dinyatakan oleh Pustekkom Depdiknas dengan sedikit modifikasi. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk menilai produk yang dirancang. Setiap validator diminta untuk menilai produk agar diketahui kekurangan dan keunggulan produk. Setelah itu akan diujicobakan kepada 45 siswa dari tiga SMK di Kota Malang. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran yang dapat dijalankan menggunakan web browser berupa Kamus Elektronik Fisika untuk SMK. Guru Fisika dapat menggunakannya sebagai alat bantu dalam pembelajaran di kelas. Selain itu siswa juga dapat memanfaatkannya untuk belajar di kelas ataupun belajar secara mandiri di rumah. Produk ini juga berhasil memvisualisasikan kamus istilah mata pelajaran Fisika dengan baik. Dapat dibuktikan dengan persentase kevalidan rata-rata dari ahli media ahli materi 1 ahli materi 2 dan ahli materi 3 sebesar 88 02%. Serta telah diujicobakan kepada 45 siswa dari 3 SMK dengan respon siswa yang tertarik menggunakannya untuk belajar secara mandiri ataupun di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45857

Actions (login required)

View Item View Item