Pengembangan media pembelajaran interaktif perakitan robot line follower untuk siswa MAN 3 Malang / Riza Wahyu Ardhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif perakitan robot line follower untuk siswa MAN 3 Malang / Riza Wahyu Ardhi

Ardhi, Riza Wahyu (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif perakitan robot line follower untuk siswa MAN 3 Malang / Riza Wahyu Ardhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pembelajaran simulasi line follower. Robot line follower merupakan salah satu robot sederhana yang banyak dipelajari oleh siswa sekolah menengah atas atau sederajat. Salah satu hal penting yang dipelajari adalah perakitan robot line follower tersebut. Dalam perakitan robot line follower tersebut diperlukan keterampilan dan pengalaman untuk menghasilkan hasil yang maksimal akan tetapi apabila siswa melakukan perakitan robot line follower berulang-ulang dengan komponen-komponen penyusun robot yang sebenarnya pasti akan membutuhkan biaya yang banyak. Hal ini menjadikan pembelajaran kurang efisien pada alat dan bahan. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran alternatif berupa simulasi untuk perakitan robot line follower. Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah Simulasi Perakitan Line Follower. Tujuan yang diambil dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbentuk simulasi yang menarik inovatif dan sesuai dengan keadaan nyata untuk materi perakitan robot line follower pada ekstrakurikuler Robotika di MAN 3 Malang sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif menyenangkan dan memudahkan bagi siswa. Pada penelitian ini pengembangan media pembelajaran mengadopsi teori Sugiyono yang telah dimodifikasi dengan tahapan sebagai berikut potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain ujicoba produk dan revisi produk. Pengukuran kelayakan atau kualitas media pembelajaran Perakitan Robot Line Follower yang dikembangkan ini dilakukan dengan subjek penelitian antara lain Ahli media Ahli materi dan Siswa anggota ekstrakurikuler robotika. Dalam hal ini media dikatakan layak apabila penilaian dari kriteria-kriteria yang diberikan mencapai angka di atas 75 01%. Berdasarkan hasil validasi ahli media ahli materi dan ujicoba produk diperoleh data akhir sebesar 96 9% untuk ahli media 83% untuk ahli materi dan 90% untuk ujicoba produk. Hasil rata-rata yang diperoleh dari seluruh validator sebesar 89 9%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Simulasi Perakitan Line Follwer ini sudah valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45856

Actions (login required)

View Item View Item