Studi pelaksanaan praktik kerja industri program studi keahlian teknik komputer dan informatika di SMK Negeri 1 Purwosari / Nova Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pelaksanaan praktik kerja industri program studi keahlian teknik komputer dan informatika di SMK Negeri 1 Purwosari / Nova Rachmawati

Rachmawati, Nova (2013) Studi pelaksanaan praktik kerja industri program studi keahlian teknik komputer dan informatika di SMK Negeri 1 Purwosari / Nova Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rachmawati Nova 2013. Studi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 1 Purwosari . Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tri Atmadji M.Pd (II) M. Zainal Arifin S.Si M.Kom. Kata kunci SMK Praktik Kerja Industri Kecakapan Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja bagi industri sesuai dengan kecakapan kejuruan (vocational skill) yang dimiliki siswa. Untuk menyiapkan tenaga kerja bagi industri maka pada Sekolah Menengah Kejuruan terdapat program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) melalui Praktek Kerja Industri sebagai bentuk penyelenggaraan pendidikan kejuruan yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program belajar melalui kegiatan bekerj a langsung pada bidang pekerjaan yang relevan terarah untuk mencapai penguasaan kemampuan tertentu di dunia usaha/ industri. Prakerin sebagai pelaksa naan pembelajaran produktif SMK untuk meningkatkan kecakapan kejuruan (vocational skill) yang menekankan pada pengembangan diri seseorang dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang semakin kompleks dan kompetitif. Dalam penelitian studi kasus pelak sanaan praktik kerja industri ini menjelaskan kerjasama sekolah dan dunia k erja prosedural pelaksanaan Prakerin dan kesesuaian kecakapan kejuruan siswa dengan tugas di dunia kerja. Program produktif berfungsi membekali peserta didik agar memiliki kompetensi kerja yang diimplementasikan pada praktik kerja industri (Prakerin). Dalam pelaksanaan skripsi ini mengguna kan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah studi kasus pada SMK Negeri 1 Purwosari. Sumber data yang berupa orang (person) tempat (place) dan simbol (paper)/ data . Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan catatan di lapangan. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data sajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan pengumpulan data ketekunan pengamatan dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan ker jasama sekolah antara lain untuk penyesuaian kurikulum prakerin dan permintaan tenaga kerja. SMK Negeri 1 Purwosari setiap tahun selalu meningkatkan kerjasama dengan industri. Siswa SMK program keahlian Teknik Komputer dan Informatika siap melaksanakan Prakerin hal ini didukung oleh tingkat pe ngetahuan siswa melalui pembelajaran produktif sosialisasi yang dilakukan oleh sekolah dan kemampuan keterampilan dasar siswa sebelum siswa berangkat. Aktivitas siswa melaksanakan Prakerin telah berjalan dengan baik yang didukung oleh kemampuan siswa beradaptasi di lingkungan industri. Aktivitas guru pembimbing juga sudah baik hal ini didukung oleh intensitas guru dalam mengunjungi siswa selama prakerin serta motivasi dan dukungan yang diberikan oleh guru kepada para siswa. Aktivitas pembimbing industri prakerin juga dilaksanakan dengan baik terutama dalam membimbing siswa selama prakerin mulai dari pelaks anaan kegiatan terbimbing sampai pada kegiatan mandiri siswa terhadap suatu pekerjaan. Pembimbing industri juga senantiasa memberi pengarahan kepada siswa sebelum melakukan suatu pekerjaan dan memeriksa hasilnya setelah selesai. P enilaian akhir siswa prakerin dilakukan oleh pembimbing dengan memperhatikan kehadiran kedisiplinan motivasi mutu kerja inisiatif kreatifitas perilaku da n keterampilan kecakapan kejuruan siswa yang dilihat dari hasil laporan siswa dal am bentuk jilid dan uji level. Sebagian siswa mengalami ketidaksesuaian tugas di industri dengan kecakapan kejuruan siswa tetapi apabila siswa menyenangi pekerjaan tersebut maka Prakerin siswa tetap dilanjutkan untuk melatih ketramp ilan siswa di bidang yang lain tetapi apabila siswa tidak menyenangi pekerjaan tersebut maka guru pembimbing memindahkan Prakerin siswa ke industri yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45854

Actions (login required)

View Item View Item