Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk anak keterlambatan belajar (learning disability) di SDLB Bhakti Luhur Malang / Lela Andria Finata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk anak keterlambatan belajar (learning disability) di SDLB Bhakti Luhur Malang / Lela Andria Finata

Finata, Lela Andria (2013) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk anak keterlambatan belajar (learning disability) di SDLB Bhakti Luhur Malang / Lela Andria Finata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Learning Disability Dysgraphia Dyscalculla Proses pembelajaran di dalam kelas sangat mempengaruhi tingkat ketertarikan siswa dalam menerima materi pelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SDLB Bhakti Luhur Kelas 2 Dasar C1 Tuna Grahita Ringan disana masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada dasarnya guru sudah menggunakan media daam kegiatan pembelajaran berupa kartu kata dan kartu bilangan akan tetapi mash belum menggunakan fasilitas yang ada yaitu laboratorium komputer. Berdasarkan teori yang ada anak-anak tuna grahita dapat terbantu dengan media pembelajaran yang berbasis visual. Media pembelajaran di dalam penelitian ini adalah suatu bentuk alat bantu pembelajaran yang digunakan untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar (learning disability) dalam hal menulis dan menghitung atau yang biasa dikenal dengan sebutan dysgraphia dan dyscalculla. Dalam penelitian ini yang dimaksud mengalami kesulitan belajar adalah anak yang mengalami kesulitan belajar (learning disability) dalam hal menulis (dysgraphia) dan anak yang mengalami kesulitan belajar dalam hal menghitung (dyscalculla). Tujuan dikembangkan media pembelajaran berbantuan komputer ini adalah (1) menghasilkan rancangan media pembelajaran yang dapat membantu anak-anak yang mengalami keterlambatan belajar dalam hal menulis dan berhitung pada matapelajaran matematika dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis flash. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran yaitu model pengmbangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi Desain (5) revisi desain (6) uji coba Produk (7) revisi Produk (8) uji coba Pemakaian (9) revisi produk (10) produksi masal. Subjek uji coba dalam media penelitian ini terdiri dari ahli media ahli materi dan siswa yang dilakukan oleh observer. Instrumen yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data berupa kuisioner. Berdasarkan hasil analisis data setelah dilakukan pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk anak keterlambatan belajar (learning disability) di SDLB Bhakti Luhur Malang didapatkan persentase hasil uji coba oleh ahli media sebesar 86 % ahli materi sebesar 94 2% untuk ahli materi 95% untuk uji coba media melalui kelompok kecil dan 85% untuk uji coba media melalui kelompok besar. Penilaian uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dilakukan oleh observer. Rata-rata persentase dari hasil uji coba keseluruhan adalah 90.25%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45852

Actions (login required)

View Item View Item