Desain dan implementasi sistem informasi hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Singosari Berbasis WEB / Miftakhul Qiftia - Repositori Universitas Negeri Malang

Desain dan implementasi sistem informasi hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Singosari Berbasis WEB / Miftakhul Qiftia

Qiftia, Miftakhul (2013) Desain dan implementasi sistem informasi hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Singosari Berbasis WEB / Miftakhul Qiftia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci sistem informasi hasil belajar SMK Negeri 2 Singosari web Proses pencatatan dan pelaporan nilai siswa pada SMK Negeri 2 Singosari hanya sebatas pada program Microsoft Excel yang dalam penerapannya masih belum memanfaatkan adanya database. Di sisi lain riwayat nilai siswa sangat mutlak diperlukan oleh sekolah untuk melihat perkembangan hasil belajar seorang siswa. Sedangkan dengan proses kerja yang berjalan selama ini jelas tidak efisien sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia dikarenakan semua tugas pelaporan hasil belajar dibebankan kepada wali kelas. Maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat memanajemen hasil belajar siswa guna memberikan kemudahan kepada guru dan wali kelas dalam melaporkan hasil belajar kepada siswa sehingga proses pelaporan data perkembangan hasil belajar dapat diinformasikan dengan cepat yang ditunjang dengan teknologi intranet. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mendesain dan mengimplementasikan sistem informasi hasil belajar berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan SMK Negeri 2 Singosari dan mengukur tingkat kelayakannya. Perancangan sistem informasi hasil belajar berbasis web ini menggunakan model waterfall yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) tahap requirement definition (2) tahap system and software design (3) tahap implementation and unit testing (4) tahap integration and system testing dan (5) tahap operation and maintenance. Subjek uji coba dalam pengembangan sistem informasi hasil belajar ini terdiri dari (1) ahli sistem yaitu dosen/praktisi yang memiliki keahlian di bidang rekayasa perangkat lunak khususnya dalam hal sistem informasi (2) SMK Negeri 2 Singosari sebagai calon pengguna utama sistem. Teknik pengujian yang digunakan adalah teknik pengujian black-box yang berfokus pada persyaratan fungsional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket bersifat tertutup. Setelah data uji coba sudah didapatkan maka dilakukan pengolahan data hasil uji coba dengan dianalisis menggunakan rumus persentase. Produk yang dihasilkan terdapat beberapa fitur utama diantaranya fitur KKM fitur komponen nilai fitur hasil ujian dan fitur cetak hasil belajar. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilakukan secara keseluruhan dari hasil validasi ahli sistem uji coba lapangan oleh admin guru wali kelas kepala sekolah dan siswa didapatkan data akhir sebesar 100% untuk ahli sistem 100% untuk admin 94 32% untuk guru 96 07% untuk wali kelas 95 37% untuk kepala sekolah dan 90 77% untuk siswa. Hasil rata-rata yang diperoleh dari keenam validator ini adalah sebesar 96 08%. Maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sistem informasi hasil belajar ini dinyatakan sesuai dengan kebutuhan SMK Negeri 2 Singosari dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45847

Actions (login required)

View Item View Item