Pengembangan game edukasi tajwid berbasis mobile pada mata pelajaran agama Islam untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Trya Intan Mega Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi tajwid berbasis mobile pada mata pelajaran agama Islam untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Trya Intan Mega Yunita

Yunita, Trya Intan Mega (2013) Pengembangan game edukasi tajwid berbasis mobile pada mata pelajaran agama Islam untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Trya Intan Mega Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yunita Trya Intan Mega. 2013. Pengembangan Game Edukasi Tajwid Berbasis Mobile pada Mata Pelajaran Agama Islam untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) M. Ashar S.T. M.T. (II) Didik Dwi P. S.T. M.T. Kata kunci game edukasi tajwid mobile android 12288 12288 12288 12288 12288 Proses pembelajaran menuntut siswa untuk aktif sehingga terjadi interaksi di dalam kelas. Survei menunjukkan bahwa 42% siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Malang menilai tingkat interaksi dalam Mata Pelajaran Agama Islam masih kurang. Kurangnya interaksi di dalam kelas ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan 36% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam kompetensi dasar membedakan hukum bacaan nun tanwin/mati dan mim mati. Salah satu media yang diharapkan dapat meningkatkan interaksi dalam kelas adalah media berbasis game karena dapat membantu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis game yang menarik dan inovatif pada platform Android untuk mata pelajaran Agama Islam pada materi ilmu tajwid di SMP Negeri 4 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Pada penelitian ini pengembangan media pembelajaran game yang diberi nama Game Itaj mengadopsi teori Sugiyono dengan tahap potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produksi massal. Pengukuran kelayakan atau kualitas Game Itaj yang dikembangkan ini dilakukan dengan subjek penelitian ahli media ahli materi dan siswa SMP kelas VII dari SMP Negeri 4 Malang. Media dikatakan layak apabila penilaian dari kriteria-kriteria yang diberikan mencapai angka di atas 75 01%. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil dan uji kelompok besar diperoleh data akhir berikut ini dalam aspek media ahli media menilai tingkat kelayakan media ini 89 83% dalam aspek materi ahli materi menilai tingkat kelayakan media ini 95% dalam uji coba kelompok kecil tingkat kelayakan media ini dinilai 90% dan dalam uji coba kelompok besar tingkat kelayakan media ini dinilai 91 9%. Hasil rata-rata yang diperoleh dari seluruh validator sebesar 91 68%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Game Itaj ini sudah valid dan layak untuk digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45843

Actions (login required)

View Item View Item