Pengembangan media pembelajaran membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan pada SDLB Marsudi Utomo Kesamben / Gita Putri Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan pada SDLB Marsudi Utomo Kesamben / Gita Putri Rachmawati

Rachmawati, Gita Putri (2013) Pengembangan media pembelajaran membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan pada SDLB Marsudi Utomo Kesamben / Gita Putri Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Tunagrahita Ringan Membaca Permulaan Kemampuan berbahasa merupakan salah satu kemampuan yang vital dalam melakukan interaksi sosial di kehidupan bermasyarakat. Kemampuan berbahasa tersebut meliputi mendengar berbicara membaca dan menulis. Salah satu pembelajaran berbahasa adalah keterampilan membaca. Bagi anak yang yang mengalami hambatan dalam bidang kepribadian dan intelektual dengan indikasi IQ 50 sampai 70 atau biasa disebut tunagrahita ringan. Keterampilan belajar membaca permulaan didapat pada kelas II Sekolah Dasar melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan serta untuk menguji kelayakkan media pembelajaran membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan di SDLB Marsudi Utomo Kesamben. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono dengan modifikasi dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain dan pembuatan produk (4) validasi desain dan produk (5) revisi desain dan produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan (9) produksi massal. Langkah-langkah metode pengembangan Sugiyono dinilai cocok dengan pembuatan media pembelajaran membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan. Kecocokkan dapat dilihat mulai dari potensi masalah pengumpulan informasi hingga produksi masal tanpa ada modifikasi pada langkah-langkah tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang bersifat terbuka untuk ahli materi dan angket tertutup untuk anak tunagrahita ringan. Dan untuk pengolahan data menggunakan rumus persentase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45842

Actions (login required)

View Item View Item