Pengembangan sistem informasi wali murid dan wali kelas di SMP Negeri 3 Malang / Andhy Ardhianto S.B. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi wali murid dan wali kelas di SMP Negeri 3 Malang / Andhy Ardhianto S.B.

Ardhianto S.B., Andhy (2013) Pengembangan sistem informasi wali murid dan wali kelas di SMP Negeri 3 Malang / Andhy Ardhianto S.B. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sistem Informasi Komunikasidan Kontrol Teknologi Informasi saat ini berkembang dengan pesat yang awalnya menggunakan surat hingga sekarang berkembang menggunakan internet. Dengan adanya teknologi tersebut kita bisa melakukan komunikasi dengan orang lain tanpa mengenal jarak waktu dan tempat.Samahalnyadalamduniapendidikan yang membutuhkanteknologiinformasikhusunya di SMP Negeri 3 Malang. Tidak adanya teknologipenyampaianinformasiperkembanganmuridoleh guruwali kelas kepada wali murid di SMP Negeri3 Malangmengakibatkanwalimuridkesulitandalammengontrolperkembangananaknya di rumah.Walimuridmembutuhkaninformasimengenaiperkembangananak/muridperihalperkembangannilai absensiharian dancatatanpentingperihalkelakuananak/muriddari guru walikelas. Agar walimuriddapatmengetahuidengancepattentangperkembangananak/murid di sekolah yang nantinyawalimuriddapatmelakukanevaluasidanmembimbinganaknya di rumah. Selama ini guru wali kelas bertemu dan berkomunikasi dengan wali murid hanya pada saat pembagian rapor tiap semester. Hal tersebut dirasa kurang efisien dan kurangnya kontrol maupun waktu intensitas komunikasi antara wali kelas dengan wali murid. Dari permasalahan yang ada menjadikan alasan dibangunnya aplikasi sistem informasi untuk wali muriddan wali kelas (SIMUKEL) dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga dibuatlah sebuah skripsi dengan judul Pengembangan Sistem Informasi Wali Murid dan Wali Kelas di SMP Negeri 3 Malang . Metode pengembangan sistem informasi yang digunakan ialah model pengembangan waterfall dari Sommerville. Model waterfall memiliki 5 tahapan yaitu requirements definition system and software design implementation and unit testing integration and system testing dan operation and maintenance. Yang pertama kali dilakukanpengembangadalahmenganalisiskebutuhanapasajauntukmembangunSIMUKEL yang kemudianmenjadikannyasebuahrancangan DFD dan ERD. Setelahitu mengimplementasikannyadalambentukkodingmenjadisebuahprodukaplikasisisteminformasidanmengujinya. Sedangkanuntukpengujiankelayakanproduksistemmenggunakanpengujianblackboxyang kemudiandilakukanpengujianfungsionalitasdanusabilitasprodukkepadaahlirekayasawebdanbeberapa guru walikelas di SMP Negeri 3 Malang. Hasilpengujiankelayakanproduksisteminformasiwalimuriddanwalikelasdapat diketahui bahwa persentase validasi aspek fungsionalitas yang diberikan oleh ahli rekayasa web ialah sebesar 97 22% dan untuk aspek usabilitas diperoleh persentase validasi sebesar 97 61%.Sedangkanuntukvalidasi aspek fungsionalitas yang diberikan oleh beberapa guru walikelas ialah sebesar 100% dan untuk aspek usabilitas diperoleh persentase validasi sebesar 99 04% yang berarti valid dansistem sudah dapat digunakan dengan layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45840

Actions (login required)

View Item View Item