Pengambangan web based learning sebagai media pembelajaran dinamis di SMA / Anis Setyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengambangan web based learning sebagai media pembelajaran dinamis di SMA / Anis Setyawati

Setyawati, Anis (2013) Pengambangan web based learning sebagai media pembelajaran dinamis di SMA / Anis Setyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci web based learning media pembelajaran dinamis Pengaruh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membawa dampak dalam aspek pendidikan. Salah satu implementasi perkembangan TIK adalah web based learning. Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Krian menunjukkan bahwa sekolah memiliki fasilitas yang memadai seperti tersedianya laboratorium komputer dan akses internet yang dapat dimanfaatkan untuk sarana media pembelajaran terutama untuk mata pelajaran Kimia. Pengembangan web based learning sebagai media pembelajaran dinamis merupakan solusi untuk menangani permasalahan yang terjadi. Dengan pengembangan media berbasis web maka pembelajaran dapat diorganisasikan dan dikemas baik dalam bentuk teks gambar animasi atau simulasi yang menarik dan mudah untuk dipelajari sesuai dengan tingkah laku atau karaketristik siswa. Merujuk pada sifatnya yang dinamis content pembelajaran dapat diperbaharui dan tidak menutup kemungkinan dikembangkan untuk mata pelajaran lain di masa mendatang. Pada penelitian ini model penelitian dan pengembangan mengacu pada model ancangan sistem pengajaran Dick and Carey. Model tersebut memiliki langkah-langkah sebagai berikut (1) mengenali tujuan pembelajaran (2) melakukan analisa pengajaran (3) mengenali tingkah laku masukan dan ciri siswa (4) merumuskan tujuan performansi (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan siasat pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih material pengajaran (8) merancang dan melakukan penilaian formatif (9) merevisi pengajaran. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah web based learning sebagai media pembelajaran dinamis di SMA. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapat persentase hasil validasi oleh ahli materi sebesar 97% hasil validasi ahli media sebesar 90 90%r hasil uji coba kelompok kecil sebesar 81 54% dan hasil uji coba lapangan sebesar 90 44%. Dengan demikian perolehan hasil rata-rata dari validator dan uji coba siswa adalah sebesar 89 97%. Dari analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa web based learning secara keseluruhan dinyatakan valid/ layak. Media dapat digunakan sebagai alat bantu dalam mengorganisasikan pembelajaran sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45832

Actions (login required)

View Item View Item