Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika kelas III standar kompetensi melakukan pengerjaan hitung bilangan sampai tiga angka di SDN Banyuanyar 1 Sampang / Devita Anjilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika kelas III standar kompetensi melakukan pengerjaan hitung bilangan sampai tiga angka di SDN Banyuanyar 1 Sampang / Devita Anjilia

Anjilia, Devita (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika kelas III standar kompetensi melakukan pengerjaan hitung bilangan sampai tiga angka di SDN Banyuanyar 1 Sampang / Devita Anjilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media interaktif matematika. Matematika merupakan salah satu bidang studi yang mempunyai peran penting dalam pendidikan khususnya dalam pendidikan di sekolah. Faktanya siswa di SDN Banyuanyar 1 Sampang merasa kesulitan pada materi pengerjaan hitung bilangan sampai tiga angka. Karena pada materi ini dalam langkah pengerjaannya banyak melakukan proses penyimpanan dan peminjaman yang membutuhkan daya ingat dan pemahaman siswa. Masalah lain yang ditemukan bahan ajar yang sering digunakan di SD Banyuanyar 1 Sampang yaitu bahan ajar cetak yang berupa buku teks sehingga siswa cenderung kurang tertarik untuk membaca buku matematika pegangannya. Berdasarkan pada permasalahan yang ada maka pentingnya sebuah pengembangan media pembelajaran interaktif matematika yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam pengembangan produk media pembelajaran ini model penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Model tersebut mempunyai langkah-langkah (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi desain (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi masal. Subjek uji coba dalam pengembangan ini yaitu ahli materi dan ahli media serta siswa kelas III SDN Banyuanyar 1 Sampang dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket tertutup yang kemudian diolah dalam bentuk persentase. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka didapatkan data akhir sebesar 87% dari ahli media 89% dari ahli materi 87 1% dari uji coba kelompok kecil dan 94 3% dari uji coba lapangan. Sehingga didapatkan hasil rata-rata sebesar 89 35%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif secara keseluruhan dinyatakan layak/valid. Media dapat digunakan sebagai media belajar siswa ataupun suplemen pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45830

Actions (login required)

View Item View Item