Pengembangan aplikasi mobile learning interaktif berbasis accelerometer sebagai media pembelajaran fisika pada materi gaya gesek untuk siswa sekolah menengah atas kelas XI / Hamdani Arif

Arif, Hamdani (2013) Pengembangan aplikasi mobile learning interaktif berbasis accelerometer sebagai media pembelajaran fisika pada materi gaya gesek untuk siswa sekolah menengah atas kelas XI / Hamdani Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : mobile learning, gaya gesek, accelerometer Fisika sering disebut sebagai ilmu yang mendasar, karena setiap ilmu alam lain seperti biologi ataupun kimia mempelajari jenis sistem materi tertentu yang me?¼matuhi hukum Fisika. Materi Gaya merupakan salah satu materi beruntut yang perlu diberi perhatian, seperti yang diungkapkan guru SMA Negeri 8 Malang. Salah satu media yang dapat dijadikan media suplemen dan menambah minat serta mem?¼?¼?¼bantu siswa dalam memahami materi adalah dengan aplikasi berbasis mobile learning. Android dipilih sebagai basis lingkungan implementasi karena secara umum perangkat Android telah memasang sensor accelerometer yang mampu mengakomodasi kebutuhan media yang dikembangkan. Dalam pengembangan mobile learning ini digunakan rancangan pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono. Pengembangan terlaksana dengan ter?¼lebih dahulu dilakukan kegiatan identifikasi potensi dan masalah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket pada uji coba perseorangan (ahli media & ahli materi) dan responden/siswa untuk uji pengguna. Sedangkan analisis data yang digunakan untuk mengolah data dari ahli media, ahli materi dan responden/siswa menggunakan penilaian persentase. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase 94,08% yang berarti media layak digunakan sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase nilai 95% yang mengindikasikan materi layak digunakan pada media ini. Pada uji coba pengguna dengan jumlah responden sebanyak 32 siswa diperoleh persentase sebesar 76,64% yang menandakan bahwa media layak dipergunakan. Media berupa aplikasi mobile learning interaktif yang diimplementasi?¼?¼kan pada Android ini dikembangkan agar tersedia sebuah media pembelajaran baru yang layak untuk menunjang pembelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45828

Actions (login required)

View Item View Item