Pengembangan permainan online edukatif berbasis web pada materi topologi jaringan / Gulpi Qorik Oktagalu Pratamasunu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan online edukatif berbasis web pada materi topologi jaringan / Gulpi Qorik Oktagalu Pratamasunu

Pratamasunu, Gulpi Qorik Oktagalu (2013) Pengembangan permainan online edukatif berbasis web pada materi topologi jaringan / Gulpi Qorik Oktagalu Pratamasunu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci onlinegame permainan edukatif HTML5 game topologijaringan. Saatini permainanonlinebukanhalasinglagi di Indonesia.Permainanonlinemerupakansuatupermainankomputer yang memungkinkanbeberapapemainbermainbersamadenganterhubungkeinternet.DenganteknologiMassive MultiplayerOnline (MMO) pemaindapatmengirimpesandanmemanfaatkanfiturchatting.Karenakelebihantersebut permainanonlineberteknologi MMO dapatdijadikansuatupermainanedukatif.Pemaindapatbekerjasamadenganpemain lain menyelesaikansuatumasalah yang diberikandanmenanyakankepada guru secaralangsungmelaluifiturchatting. Merujukpadapotensi yang ada skripsiinibertujuanuntukmengembangkansuatupermainanonlineberbasiswebyang edukatifdenganmateri yang dipilihadalahtopologijaringan. Model pengembanganpermainanonlineedukatifiniberorientasipada model pengembanganperangkatlunakwaterfall.Permainaninidikembangkanmenggunakan HTML5dan JavaScript.DenganmemanfaatkanJavaScriptdanfiturcanvasdari HTML5 ukurangamedapatdiminimalisirkarena HTML5 dan JavaScript disimpandalambentukteks. Selainitu JavaScript didukungsecaralangsungolehbrowsertanpamemerlukanplugintertentu.Permainaninimenggunakanmoduldari Node.js yaitu socket.io yang menanganikoneksiantaraclientdanserverpermainansehinggapemaindapatbermainsecaraonlinedenganpemainlainnya. Pada proses validasi dipilihsatuahli media dansembilanpengguna. Berdasarkanhasilanalisis data dapatdinyatakanbahwaPermainan OnlineEdukatif Berbasis Web pada Materi TopologiJaringanlayakdigunakandenganpersentasekelayakan 100% olehahli media dan rata-rata persentasekelayakan97.2% olehpengguna.Permainanyang diberinamaTopoIslandsinidapatdiaksessecaraonlinedi http //topoislands.firecreature.com. Produkinidiharapkandapatmembantu guru dalammengenalkanmateritopologijaringandanmenjadiinspirasipembelajaran yang interaktif.Sedangkanuntukpenelitilain diharapkanprodukinidapatmemberikaninspirasiuntukmengembangkanpermainanonlineedukatiflainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45819

Actions (login required)

View Item View Item