Sistem informasi nilai rapor siswa berbasis web di SMA Negeri 1 Tugu Trenggalek / Khoirur Roziq - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem informasi nilai rapor siswa berbasis web di SMA Negeri 1 Tugu Trenggalek / Khoirur Roziq

Roziq, Khoirur (2013) Sistem informasi nilai rapor siswa berbasis web di SMA Negeri 1 Tugu Trenggalek / Khoirur Roziq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci sistem informasi nilai rapor siswa web. SMA Negeri 1 Tugu Trenggalek merupakan instansi sekolah menengah atas dalam naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek. Peranan komputer sangatlah penting dalam kegiatan administrasi sekolah terutama dalam kegiatan pengolahan nilai rapor siswa. Meskipun sistem yang ada sudah terkomputerisasi akan tetapi masih ada kendala-kendala yang sering ditemui dalam proses pengolahan nilai rapor seperti keterlamabatan guru dalam mengumpulkan nilai rapor membutuhkan waktu yang lama dalam mengolah nilai rapor dan proses memasukkan nilai ke komputer dibebankan kepada bagian tata usaha sekolah. Berdasarkan kekurangan-kekurangan diatas maka dibuatlah sistem informasi nilai rapor siswa berbasis web. Sistem ini dibuat dengan menggunakan aplikasi web berbasis PHP. Pembangunan sistem informasi ini membantu memudahkan guru mata pelajaran dalam mengisi nilai rapor karena dapat dilakukan secara online melalui website sehingga pengolahan nilai rapor bisa lebih efektif dan efisian. Siswa juga dapat mengakses nilai rapor melalui website. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Pengembangan sistem ini merujuk pada model pengembangan waterfall yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu (1) tahap analisis kebutuhan (Requirement Analysis and Definition) (2) perancangan sistem dan software (System and Software Design) (3) Tahap implementasi dan pengujian unit (Implementation and Unit Testing) (4) intregasi dan pengujian sistem (Integration and SystemTesting) dan (5) operasi dan perawatan (Operation and Maintenance). Subyek uji coba pada penelitian di SMA Negeri 1 Tugu Trenggalek ini terdiri dari (1) tim ahli perangkat lunak (2) administrator (3) guru dan (4) siswa. Hasil pengujian kepada user siswa diperoleh 5 subyek uji tentang kesesuaian output sistem informasi mendapat presentase 100% diterima hasil pengujian kepada user guru diperoleh 6 subyek uji tentang kesesuaian output sistem informasi mendapat presentase 100% diterima serta hasil pengujian kepada user admin diperoleh 8 subyek uji tentang kesesuaian output sistem informasi mendapat presentase 100% diterima. Sehingga dapat disimpulkan dari pengolahan data keseluruhan kelas uji diperoleh presentase tingkat kesesuaian output sistem informasi sebesar 100% diterima yang berarti bahwa Sistem Informasi Nilai Rapor Siswa yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi valid. Secara fungsional sistem sudah dapat menghasilkan output yang diharapkan. Untuk pengembangan selanjutnya sistem yang baru bisa memperbaiki sistem yang lama dan meningkatkan kinerja dari semua pihak yang terkait dalam pengolahan nilai rapor siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45817

Actions (login required)

View Item View Item