Pengembangan sistem informasi perhotelan berbasis web di kota Tomohon / Charnila Desria Heydemans - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi perhotelan berbasis web di kota Tomohon / Charnila Desria Heydemans

Heydemans, Charnila Desria (2013) Pengembangan sistem informasi perhotelan berbasis web di kota Tomohon / Charnila Desria Heydemans. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci sistem informasi web perhotelan. Kota Tomohon merupakan salah satu daerah pariwisata provinsi Sulawesi Utara yang berjulukan The Flower City . Pemerintah khususnya Dinas Pariwisata melakukan upaya untuk mempromosikan pariwisata kota Tomohon melalui media salah satunya lewat website pariwisata yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Website yang ada saat ini membahas tentang profil secara umum kota Tomohon dan informasi tentang objek pariwisata. Dalam website ini belum ada informasi tentang penginapan atau hotel untuk para wisatawan menginap. Hal ini membuat wisatawan kesulitan memperoleh informasi tentang tempat tinggal yang berada di Tomohon. Dari permasalahan yang dikemukakan diatas dan mengingat pentingnya informasi tentang penginapan atau hotel maka dirancang suatu sistem informasi pariwisata khususnya di bidang perhotelan yang berbasis web. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Waterfall. Model ini melakukan pendekatan secara sistematis dan urut dimulai dari level analisis (Requirement and Definition) kebutuhan sistem tahapan ini sering disebut dengan Project Definition lalu menuju ke tahap desain (System and Software Desain) tahap implementasi berupa coding testing/verification tahap pengujian (Integration and System Testing) dan melakukan pemeliharaan (Maintenance) sistem. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu sistem informasi perhotelan berbasis web yang bersifat dinamis dapat dilakukan perubahan sesuai kebutuhan. Pengujian kelayakan sistem dilakukan pada ahli sistem dan tiga user yaitu admin TU hotel dan guest. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh hasil untuk kesesuaian output ahli sistem untuk kesesuaian output admin untuk kesesuaian output pada TU hotel dan untuk kesesuaian output guest semuanya sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut sistem yang dikembangkan yaitu sistem informasi perhotelan berbasis web layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45816

Actions (login required)

View Item View Item