Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Blimbing III Malang / Sholihul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Blimbing III Malang / Sholihul Huda

Huda, Sholihul (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Blimbing III Malang / Sholihul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Huda Sholihul. 2012 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing III Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M. Pd. (II) M. Zainal Arifin S.Si M Kom. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN. Berdasarkan informasi dari wawancara terbatas kepada beberapa Guru IPA SDN Blimbing III Malang menyatakan bahwa siswa terdapat masalah pembelajaran yang terjadi di SDN Blimbing III Malang salah satunya masalah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Masalah yang terjadi pembelajaran IPA adalah kurangnya minat siswa dalam belajar IPA dengan alasan masalah tersebut adalah penggunaan strategi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan pemanfaatan media pembelajaran yang masih kurang terbatas pada media papan tulis buku kerja siswa dan buku pengantar sekolah sehingga hasil nila siswa tidak tercapai yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Para siswa berasumsi pelajaran tersebut membosankan pada dasarnya peneliti dari wawancara tersebut setuju bila diadakan penggunaan media pembelajaran interaktif karena selama ini pada pembelajaran IPA kelas IV belum menggunakan perangkat lunak atau media pembelajaran interaktif. Pengembangan media pembelajaran interaktif IPA ini menggunakan model pengembangan pembelajaran menurut sugiyono yang dilakukan secara bertahap mulai potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain ujicoba desain revisi produk ujicoba pemakaian revisi produk dan produk masal. Pengambilan datanya meliputi instrumen angket untuk ahli media ahli materi dan uji produk terhadap siswa. Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas IV dengan hasil ujicoba media yang dibuat ini menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli media ahli materi dan responden dengan menggunakan instrument berupa angket. Hasil anlisis data angket dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 91.67% yang berarti layak dan dari ahli materi diperoleh persentase 91.18% yang berarti layak untuk uji media terhadap siswa diperoleh persentase sebesar 86.45% yang berarti layak dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA layak digunakan siswa kelas IV semester genap di SDN Blimbing III Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45811

Actions (login required)

View Item View Item