Pengembangan modul pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMK kelas X berbasis learning cycle di SMK Widyagama Malang / Akbar Wiguna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMK kelas X berbasis learning cycle di SMK Widyagama Malang / Akbar Wiguna

Wiguna, Akbar (2013) Pengembangan modul pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMK kelas X berbasis learning cycle di SMK Widyagama Malang / Akbar Wiguna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Modul Learning Cycle TIK Kurikulum berbasis kompetensi yang diterjemahkan di dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) secara konseptual dapat diakui sebagai salah satu sarana bagi penyelenggaraan proses belajar mengajar untuk memberikan dan memperluas wawasan siswa akan pengetahuan keterampilan dan sikap yang dapat direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Salah satu yang mendukung implementasi KTSP di dalam pelaksanaan proses pembelajaran adalah adalah teori konstruktivistik. Salah satu bentuk pembelajaran yang bisa melayani pembelajaran secara aktif dan mampu membedakan keunikan setiap individu secara teoretis adalah pembelajaran individual. Secara empiris telah terbukti bahwa pembelajaran berbasis perbedaan individual lebih bisa menekankan keunikan masing-masing siswa memungkinkan siswa mencapai hasil belajar yang optimal meningkatkan efisiensi pembelajaran meningkatkan minat belajar dan membentuk sikap siswa yang positif terhadap bahan pembelajaran. Media mempunyai peranan yang cukup besar dalam proses pembelajaran karena pembelajaran merupakan suatu sistem yang mengandung komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kemudian media diintergrasikan dengan sebuah model pembelajaran yang sesuai dengan konstruktivistik sehingga tersusunlah modul yang benar-benar bisa melayani keaktifan dan keunikan siswa. Tujuan pengembangan yang ingin dicapai adalah untuk menciptakan modul pegangan bagi guru dan siswa yang digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu menjadi salah satu alat bantu pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru. Modul ini disusun berbasis Learning Cycle 3 fase yang terdiri dari Modul pegangan siswa dan lembar kerja siswa yang berisikan SK tentang memahami pemrograman berbasis objek yang disertai panduan beserta gambar untuk memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran tersebut serta modul pegangan Guru yang berfungsi untuk memudahkan Guru dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis data validasi dan uji coba pengembangan ini Modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 3 tahap yang sesuai dengan mata pelajaran TIK pada standar kompetensi memahami pemrograman visual berbasis desktop dikembangkan dengan baik berdasarkan model Sadiman dengan presentase validitas dari ahli media sebesar 85% validitas dari ahli materi sebesar 89% danuji coba penggunaan sebesar 82%. Modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 3 tahap pada mata pelajaran TIK pada standar kompetensi memahami pemrograman visual berbasis desktop ini sesuai dengan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45809

Actions (login required)

View Item View Item