Pengembangan media pembelajaran berbasis E-Learning mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pokok bahasan menginstalasi PC (Personal Computer) / Syahirul Alim

Alim, Syahirul (2012) Pengembangan media pembelajaran berbasis E-Learning mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pokok bahasan menginstalasi PC (Personal Computer) / Syahirul Alim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Media, Pembelajaran, E-learning Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang dikenal dengan sebutan E-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional kebentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. Dalam perkembangan InformationandCommunicationTechnology (ICT) yang sangat pesat ini di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada umumnya belum didukung dengan proses pembelajaran yang maksimal. Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tingkat pemahaman dan kemampuan siswa berbeda-beda, pembelajaran di kelas terbatas oleh waktu dan tidak semua materi pembelajaran tersampaikan dengan baik. Pada umumnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyampaikan materi pembelajaran, sebagian guru masih menggunakan modul, sehingga siswa harus foto copy atau bahkan harus mencatat. Hal ini menjadi salah satu alasan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis E-learning. Dengan fasilitas internet yang ada di sekolah, peserta didik dapat mengakses dan mempelajari materi pada media pembelajaran E-learning dengan mudah. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis E-learning yang dapat memecahkan masalah dalam pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada pokok bahasan Menginstalasi PC (Personal Computer). Pada pengembangan media pembelajaran berbasis E-learning ini, pengembang menggunakan aplikasi Moodle yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Analysis Design Development Implementation Evaluate (ADDIE) yang sudah disesuaikan dengan objek penelitian. Pengambilan data validasi dalam media pembelajaran ini digali dengan menggunakan instrumen berupa angket yang dilakukan terhadap 3 (tiga) subjek, yaitu ahli media, ahli materi dan siswa (responden). Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 (tiga) subjek tersebut diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ahli media menyatakan produk ini valid dan layak dengan persentase 83,75%, (2) Ahli materi menyatakan produk ini valid dan layak dengan persentase 87,10%dan 86,29%, (3) Peserta didik SMK Negeri 2 Singosari Malang menyatakan produk ini valid dan layak dengan persentase 86,63%, 89,46%, 87,98%, 87,69%, dan peserta didik SMK Negeri 1 Sidayu Gresik menyatakan produk ini valid dan layak dengan persentase 83,63%. Dengan demikian dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45802

Actions (login required)

View Item View Item